Creative Etrepreneur : 10 Jenis Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Setiap Pengusaha
Menjadi
seorang pengusaha tentu harus memiliki meningkatkan banyak keterampilan di
berbagai bidang. Bukan hanya menciptakan ide, merumuskan rencana dan
menjalankan proses bisnis, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah keterampilan
dalam berkomunikasi. Bukan hanya secara lisan tapi juga komunikasi lainnya
seperti tertulis.
Sebab
sebagai pengusaha, kita akan bertemu dengan banyak orang, banyak pelanggan,
banyak relasi bisnis yang akan berkomunikasi dengan kita. Kita harus bekerja
keras agar mudah memahami apa yang dimaksudkan mereka. Dan kita pun harus bisa
menyampaikan apa yang kita inginkan.
Nah,
berikut ini adalah 10 keterampilan komunikasi yang harus dikuasai oleh
pengusaha.
1.
Komunikasi lisan
Tidak
ada percakapan yang sempurna tanpa adanya percakapan secara lisan. Percakapan
lisan memang menjadi komunikasi yang sangat sederhana. Paling mudah untuk
menyampaikan dan mengerti maksud dari lawan bicara kita. Kita harus tahu tata
cara berkomunikasi yang baik sesuai dengan situasi, kondisi dan bahkan lawan bicara
kita. Kita bisa mencari cara komunikasi yang efektif dengan pelanggan kita,
seperti yang ada di dalam artikel berikut ini.
2.
Body Language
Komunikasi
bukan hanya terjadi secara verbal, tapi juga ada jenis komunikasi nonverbal,
seperti body language. Menguasai presentasi body language adalah sebuah
keharusan. Dalam situasi apapun, postur tubuh saat duduk ataupun berdiri tegak.
Anda juga bisa melihat bagaimana seseorang itu dari mata mereka. Bagaimana
mereka gelisah, tenang dan nyaman dengan kita.
3.
Komunikasi tertulis
Menulis,
siapa bilang pengusaha sukses tidak harus pandai dalam hal tulis menulis?
Selagi menjadi seorang pelaku di bidang bisnis, konten marketing berupa tulisan
yang menghipnotis pembaca pun harus kita kuasai. Kita harus tahu dan menguasai
keterampilan menulis banyak konten marketing, mulai dari email pemasaran,
landing page, blog sampai dengan website.
4.
Presentasi
Sebagai
pengusaha Anda tentu akan melakukan banyak persentasi baik kepada pelanggan
maupun investor bisnis. Melalui slide Anda akan menyampaikan apa maksud dan
tujuan Anda berbicara. Melalui slide juga akan ada tulisan dan konten visual
yang akan Anda tampilkan dan tunjukkan kepada mereka. Melalui Slide Anda harus
bisa menyampaikan maksud secara tepat dan membuat mereka tertarik untuk terus
mendengarkan Anda persentasi.
5.
Negosiasi
Tidak
ada bisnis yang tidak melalui proses negosiasi. Sebab hampir semua bisnis akan
melakukan kegiatan ini. Dengan negosiasi Anda tentu bisa mendapatkan apa yang
Anda inginkan tanpa membuat Anda rugi, bahkan justru akan membuat Anda untung.
Dengan cara yang efektif, mulai dari menggunakan kata yang tepat, memanfaatkan
waktu yang Anda miliki dan menggunakan pengetahuan Anda tentang fakta-fakta
yang ada saat ini, akan menambah tingkat kepercayaan diri Anda selama proses
negosiasi berlangsung.
6.
Mediasi
Tidak
jarang ketika kita menjadi pengusaha, peran kta sebagai mediator akan
berkurang. Sebab kita lebih diperlukan sebagai seorang converse. Misalnya
ketika Anda berada diantara teman yang berdebat pendapat, ataupun sedang berada
di antara 2 vendor yang tengah bersaing. Kita harus memiliki kemampuan sebagai
mediator dan membantu kedua belah pihak keluar dari masalah mereka.
7.
Debat
Kita
tahu, dalam bisnis saat ini tidak ada komunikasi yang tidak melibatkan
kemampuan berdebat. Ini bisa menjadi diskusi yang sehat jika kedua belah pihak
tidak menjalankan peraturan debat dengan baik. Tugas kita dalam debat bukan
untuk memihak satu diantara keduanya, tapi untuk memahami kasus dan
mendengarkan setiap opini ang jelas. Entah dengan investor, mitra atau bahkan
karyawan. Kita dapat membantu mereka menjelaskan ide dengan keterampilan yang
kita miliki.
8.
Kepemimpinan
Tanggungjawab
Anda sebagai seorang pemimpin harus Anda lengkapi dengan keterampilan
berkomunikasi layaknya seorang pemimpin. Anda harus bisa menanamkan keyakinan
dan kepercayaan serta semangat di dalam tim Anda. Bukan hanya sekedar mengemban
tanggungjawab atas tim dan pekerjaan, tapi juga harus bisa menginspirasi orang
melalui pesan baik yang Anda sampaikan setiap harinya. Dan jika Anda berada
dalam suatu organisasi.
9.
Cross Platforming
Komunikasi
yang ada saat ini jauh lebih luas dari yang sudah ada. Seperti panggilan
telpon, SMS, email, video chatting, pesan instan dan lain sebagainya.
Bagaimanapun kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan
komunikasi yang ada. Berkomunikasi di banyak media atau cross platform tentu
membuat kita harus pintar-pintar dan mengatur arah komunikasi kita. Sebab tidak
jarang komunikasi melalui telepon, SMS atau pesan instan lainnya akan
menciptakan persepsi yang berbeda-beda dari yang menyampaikan dan yang
menerimanya.
10.
Mendengarkan
Yang
terakhir adalah keterampilan komunikasi dari arah yang sebaliknya, yaitu
mendengarkan. Sebab komunikasi bukan hanya sekedar kita yang berbicara, tapi
juga kita yang menjadi seorang pendengar. Mendengar menjadi keterampilan
komunikasi yang paling penting dari semuanya. Mendengarkan secara aktif dapat
membantu kita efektif dalam komunikasi, debat, persentasi dan lain sebagainya.
Kita akan tampak lebih bijaksana, berempati dan membuat orang mau mendengarkan
kita ketika kita berbicara nantinya.
Nah,
setidaknya 10 keteramilan komunikasi inilah yang harus dikuasai oleh para
pengusaha. Sebab sebagai pengusaha kita akan berhadap bukan hanya dengan
karyawan, tapi juga dengan relasi, klien bahkan investor. Jika kita memang
menjadi seorang yang pendiam atau cenderung introvert, tapi kita tidak boleh
menutup diri untu mengembangkan keterampilan komunikasi kita. Berlatih
berkomunikasi dengan banyak pengusaha sukses adalah cara yang bisa kita
lakukan. Berkumpul dengan para pelaku dunia bisnis, berbagi pengalaman, sharing
ide dan lain sebagainya. Mengasah komunikasi agar lebih baik ketika berhadapan
dengan klien atau investor nantinya.
Source :Mebiso.com
Komentar
Posting Komentar