Creative Entrepreneur : How to Keep The Customer Loyalty
Terciptanya kepuasan dan loyalitas para pelanggan,
tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan sebuah usaha.
Meskipun ini cukup klise, namun bagaimanapun juga para pelanggan menjadi kunci
utama Anda untuk mendulang keuntungan besar setiap bulannya.
Puas tidaknya para konsumen terhadap produk yang Anda
tawarkan, pastinya akan memberikan imbas tertentu bagi perkembangan bisnis
Anda. Apabila konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang Anda pasarkan,
bisa dipastikan bila mereka akan melakukan pembelian ulang di masa-masa yang
akan datang. Dan begitu juga sebaliknya, bila mereka kecewa dengan pelayanan
yang Anda berikan, maka tidak menutup kemungkinan bila mereka akan kapok
melakukan pembelian di tempat Anda dan berpaling ke perusahaan lain.
Karenanya, agar para konsumen Anda tidak berpaling ke
perusahaan lain. Berikut ini kami informasikan 5 cara mempertahankan kepuasan
dan loyalitas pelanggan :
1. Siapkan tempat saran atau masukan
Secara umum pelanggan sifatnya ingin diperhatikan,
mereka tidak mau tahu apakah kita mempunyai pelanggan ratusan atau ribuan tiap
hari, mereka hanya berpikir ingin dilayani full service. Salah satu bentuk
perhatian kita ialah mendengar keluhan konsumen dengan membuat tempat khusus,
bisa dengan kotak suara, nomor untuk menerima keluhan, dan lain-lain. Dilain
sisi kita bisa melihat apa yang kurang dari produk kita, entah bisa dari produk
sendiri atau dari sisi pelayanan yang kurang layak, itu salah satu cara mempertahankan
pelanggan.
2. Follow up setelah membeli
Ucapan terima kasih untuk membeli atau memberikan
informasi yang menarik (adanya diskon, promo, launching produk, dll) dapat kita
lakukan setelah pelanggan membeli produk, dengan tujuan konsumen merasa
dihargai, karena kita masih mengingatnya walaupun yang menjadi pelanggan sangat
banyak, apalagi jika kita menyebut nama mereka satu persatu (bukan secara
umum). Bagaimana melakukannya? Kita bisa
membuat daftar buku tamu, dengan mengisi nama, no hp, dan email, bagi saya ini
strategi yang penting dalam cara mempertahankan pelanggan bisnis.
3. Ajak
aktif di sosial media atau blog
Dengan membludaknya pengguna internet khususnya di
Indonesia, maka kita sebagai pemilik produk sudah kebutuhan mutlak untuk
membuat akun disocial media (facebook atau twitter) atau website produk,
tujuannya ialah menunjukkan eksistensi kita yang tetap hadir untuk semua
kalangan dan memperluas pemasaran agar menjadi banyak yang mengetahui.
4. Mengajak pelanggan untuk membuat testimoni
Buatlah pengumuman bahwasanya akan diambil 5 komentar terbaik testimoni dan akan
ditampilkan di website atau timeline kita, mereka pasti senang jika menjadi
pen-testimoni karena bakal mejeng di hal depan website atau timeline. Strategi
ini membuat pelanggan kita aktif dan memberi dampak viral marketing yang
membuat produk kita dilihat orang banyak.
5. Mencari orang yang berpengaruh untuk memberikan
testimoni
Meneruskan dari strategi yang ke-4, akan tetapi kali
ini kita mencari orang yang berpengaruh (memiliki banyak fans). Mengapa harus
demikian? Karena akan berdampak juga fansnya yang banyak mencoba produk kita,
contoh=> kita menjual produk makanan, kemudian kita minta testimoni dari artis, dengan testimoni yang diberikan oleh artis tersebut,
maka dengan sendirinya fans mereka akan mencoba produk kita, tanpa disuruh dan
dengan dahsyat akan mendongkrak penjualan.
6. Berilah sesuatu yang tidak diberi oleh pesaing
Tips terakhir dalam cara mempertahankan pelanggan memberikan
sesuatu bonus saat pelanggan anda telah membeli produk anda, agar pelanggan
anda terus setia membeli produk yang ditawarkan.
Source : Berbagai Sumber
Komentar
Posting Komentar