Creative Entrepreneur : Melatih Intuisi Bisnis

Pada suatu waktu kita merasa bahwa sesuatu itu terasa benar inilah yang dikatakan intuisi, tetapi kita tidak tahu apa landasannya sehingga kita sering mengabaikannya.

Seringkali kita dihadapkan kepada sesuatu yang tidak kita ketahui atau pengetahuan kita tidak cukup untuk menilainya maka dalam hal ini menggunakan intuisi menjadi sebuah keharusan jika tidak maka berarti kita membatasi kemampuan kita dalam mengambil keputusan.


Banyak dari kita tidak tahu mana yang intuisi dan mana yang bukan sehingga kita menganggap intuisi tidak ilmiah, cendrung berubah – rubah dan tidak bisa dijadikan landasan dalam mengambil keputusan.


Menurut banyak ahli intuisi merupakan potensi maksimal yang muncul diluar kesadaran kita, dan merupakan hasil dari pengalaman kita bertahun – tahun dalam menghadapi situasi bisnis, menurut saya bahkan mungkin adalah fitrah atau sesuatu yang diberikan tuhan kepada setiap kita sehingga kemungkinan benarnya sangat tinggi sekali.


Kalau begitu bagaimana caranya kita mengenali intuisi kita ? tentunya dengan sering merasakannya setiap kali mengambil tindakan atau keputusan, identifikasi isyarat fisik maupun isyarat emosional yang muncul setiap kali mengambil keputusan, sehingga suatu saat kita dapat membedakan mana yang intusi, mana yang emosi dan mana yang hasil analisis fikiran kita.


Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melatih intuisi kita
1. Pergi ke suatu tempat yang baru kemudian gunakan intuisi kita untuk menebak arah yang kita tuju
2. Latihan menjawab soal objektif, gunakan intuisi untuk menentukan pilihan. Lebih lanjut latihan pemecahan masalah biarkan ide muncul menghampiri kita secara alami.
3. Belajar mendengarkan pendapat orang lain, gunakan intuisi kita untuk menilai pendapat orang tersebut kemudian lakukan apa intuisi kita tersebut
4. Gunakan intuisi kita setiap hari setiap kali mengambil keputusan,
5. Tantang diri kita untuk mengambil resiko, melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan kita. Cara ini merupakan cara terbaik untuk melatih dan meransang intuisi kita


sebelum mengambil keputusan identifikasi persaan kita, pelajari isyarat – isyaratnya, pelajari polanya sehingga kita dapat mebedakan kapan intuisi atau pilihan kita benar dan kapan pilihan kita salah. Pastikan bahwa setiap kali kita mengambil keputusan atau tindakan adalah berdasarkan intuisi, jangan ada pengaruh intervensi orang lain, jangan ada toleransi perasaan mempertimbangkan orang lain, artinya harus murni menurut intuisi kita.


Intuisi seharusnya menjadi bagian yang tidak boleh dipisahkan dari seorang entrepreneur, semakin sering digunakan maka akan semakin mudah datang kepada kita, maka kesuksesan bisnis seorang entrepreneur semakin dekat.

Komentar

Postingan Populer