Creative Entrepreneur : Yuk Bisnis Sampingan...

Banyak wirausaha muda yang keluar dari pekerjaan mereka untuk merintis usaha mereka sendiri, namun tidak semuanya memiliki privilege untuk melakukan itu karena berbagai faktor seperti keberanian, uang, koneksi ataupun pengalaman. Karena itu bagi kamu yang belum siap untuk membangun usaha dari nol dan meninggalkan pekerjaan full-time, kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki bisnis sampingan yang menghasilkan uang.
Memiliki bisnis sampingan sudah menjadi hal yang umum bagi banyak orang dan bahkan sudah menjadi trend masa kini terutama di kalangan anak muda. Banyak orang yang saya kenal memiliki bisnis sampingan selain pekerjaan full time yang mereka punya. Selain memberikan pemasukan tambahan, bisnis kecil yang mereka punya juga memberikan kepuasan tersendiri dan tentunya memberikan banyak pengalaman.
Tertarik untuk memulai bisnis sampingan? Berikut adalah 5 tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memulainya:
1. Tentukan apa yang bisa kamu tawarkan. Sebelum memulai bisnismu, sangatlah penting untuk mengetahui keadaan market secara keseluruhan dan dimana kamu bisa fit-in. Kamu bisa cek website freelancer seperti elance atau freelancer.com untuk melihat bagaimana orang lain mendapatkan uang. Dengan memeriksa online marketplaces, kamu bisa memiliki pengetahuan dan gambaran yang lebih baik tentang jasa unik apa yang bisa ditawarkan dan bagaimana cara menetapkan harga yang cocok untuk itu.
2. Hentikan pengeluaran yang tidak perlu. Banyak wirausaha yang mengeluarkan terlalu banyak uang untuk bisnis baru mereka. Karena itu pastikan kamu mengatur keuanganmu dengan hati-hati dan memotong pengeluaran yang tidak diperlukan. Contohnya bila kamu tertarik dengan bisnis E-Commerce, buatlah toko onlinemu di website E-Commerce populer seperti eBay atau Amazon. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membangunnya dari awal dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di sana.
3. Tahu kelemahanmu. Kamu mungkin adalah seorang graphic designer yang ahli , namun kamu tidak memiliki pengalaman marketing atau sales. Setelah kamu tahu kekuranganmu, kamu bisa berhubungan dengan wirausaha online lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuanmu tentang bidang tersebut.
4. Tes marketplace yang ada. Sudah bukan rahasia bahwa sulit untuk memprediksi apa yang customer inginkan. Karena itu kamu harus mengumpulkan feedback dari klienmu untuk membantu mengetahui apa yang cocok bagi target audiencemu. Dengan mengetahui apa yang pelangganmu inginkan, kamu bisa mulai mengatur strategi bisnis yang sekiranya bisa diterima oleh mereka dan menghasilkan keuntungan.
5. Menikmati tantangan yang ada. Bila ini kali pertama kamu memulai bisnis, tentu akan banyak kesulitan dan tantangan yang kamu temui. Namun kamu tidak boleh membiarkan tantangan tersebut membuatmu jadi down. Membuat sebuah bisnis bahkan sekecil apapun pasti akan menemui penolakan dan itu berarti kamu harus membuat perubahan pada jasa atau produk yang kamu tawarkan.
Sumber : jdacommunity.com

Komentar

Postingan Populer