Creative Weekend : Cara Belajar Belajar Coding Menyenangkan Untuk Si Kecil.

Coding bermakna sebagai kegiatan menulis dan membaca kode agar bisa dipahami oleh computer. Belakangan kursus coding semakin menjamur dan mulai diterapkan kepada anak-anak usia sekolah. Hal ini karena coding dapat membantu mengasah daya pikir komputasi secara logis dan matematis yang berguna bagi kemampuan bernalar. Belajar coding baiknya dilakukan sejak dini, Mom. Meskipun tidak ada patokan umur untuk memulainya, Mommy sebagai orang tua bisa mulai memperkenalkan coding, loh, seperti ketika si kecil sedang bermain gadget di smartphone, tablet dan komputer. Berikut ini adalah contoh permainan sederhana yang bisa Mommy terapkan bersama si kecil :

Membuat sebuah robot bisa memakai topi sendiri
Mintalah si kecil untuk melakukan perintah kepada robot, yang nantinya akan diterjemahkan oleh si robot menjadi beberapa bagian, misalnya “maju 3 langkah!”, “Angkat kedua tangan ke depan dada!”, “ambil topi!”. Smakin mudah bagi si robot menjadi gerakan, hingga akhirnya si robot bisa memakai topi sendiri. Itulah coding.

Belajar coding sendiri
Beberapa tempat kursus conf memang mensyaratkan usia tertentu untuk mulai belajar coding.  Namun, jika usia si kecil belum mencukupi, Mommy  bisa membantunya untuk belahar coding dirumah melalui berbagai aplikasi, situs dan permainan internet.
-          codeSpark Academy & The Foos : Aplikasi coding untuk anak mulai 5 tahun ini akan meminta si kecil menyelesaikan puzzle dengan karakter dan grafik menarik.
-          Tynker : Permainan ini memiliki konsep drag and drop  sederhana. Jika si kecil tidak menyelesaikan sebuah level, akan muncul petunjuk bagaimana agar ia bisa improve dan memainkan level yang sama kembali.


Terlihat membingungkan, namun percayalah Mom, selalu ada hasil baik untuk permulaian yang sederhana. Selamat mencoba Mommy.

Komentar

Postingan Populer