Creative Entrepreneur : Menggaet Media Sosial Untuk Promosi

Cara Promosi di Media Sosial itu Penting
Begitu besarnya kekuatan jaringan media sosial membuat para pelaku bisnis menjadikannya sarana untuk memasarkan produk yang mereka punya. Dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar dapat beriklan di situs-situs besar juga menggunakan media sosial.
Untuk memaksimalkan kemampuan media sosial dalam bisnis, ada 4 cara promosi di media sosial yang bisa diterapkan dalam mempromosikan produk Anda.

1. Hindari konten yang Monoton
Hal ini berlaku untuk semua social media yang Anda pakai untuk berbisnis, karena calon customer tentu akan bosan dengan ads copy yang sama. Terlebih dengan monotonnya konten juga akan membuat fans Anda jenuh, berikan konten yang fresh, bahkan lebih baik lagi yaitu up-to-date dengan berita terkini.
Banyak pula yang karena ingin cepat maka pemasar menggunakan bot untuk comment distatus orang atau fanpages orang lain, dimana hal itu disebut sebagai spam. Jika Anda ingin melakukan promosi di group, gunakan kata-kata yang memancing keingintahuan orang lain terhadap produk Anda. Terakhir, tidak perlu terpaku pada produk Anda, lakukan beberapa postingan yang berisikan tips yang juga relevan dengan produk Anda.

2. Gunakan Media Gambar
Konten dalam media sosial tidak hanya dalam bentuk teks saja. Bahkan beberapa social media hanya bisa memposting konten berupa gambar, namun disertai dengan keterangan teks yang cukup bisa memuat banyak.
Mengapa media gambar penting? Karena manusia ialah mahluk visual, maka konten bergambar akan memancing emosi yang lebih besar dibanding hanya berupa teks saja, lagipula konten berupa teks yang terlalu sering hanya akan membuat jenuh fans Anda.
Sisi teknisnya, siapkan gambar yang bisa lengkap terlihat di newsfeed masing-masing social media. Posting gambar yang ukuran size-nya sedang, agar jika ada orang yang membuka gambar bisa terloading dengan cepat. Selain gambar Anda juga bisa memaksimalkan konten berupa video.

3. Gunakan Tagar (Hastag #)
Penggunaan tagar (hastag) awalnya dikenal lewat twitter, namun dengan melihat trend penggunaan tagar dan gimmick-gimmick yang masyarakat lakukan dengan tagar, social media lain memberlakukannya juga di platform masing-masing. Fungsinya sama, yaitu untuk mencari konten atau produk yang se-type di social media tersebut. Hal ini memudahkan fans atau customer untuk menemukan hal yang ingin mereka temukan.

4. Aktif & Responsif
Setiap konten yang kita posting di social media pasti mendapatkan respon dari fans, sebagai admin lakukan respon yang baik terhadapnya. Berikan reward bagi mereka dengan komentar yang mengapresiasi hingga memuji, dengan begitu mereka akan loyal terhadap konten-konten yang Anda berikan dengan memberi likeshare ataupun comment.

Selain itu, respon cepat dibutuhkan juga untuk mengetahui problema yang dihadapi pelanggan terhadap produk kita. Misalnya seseorang menghubungi kita lewat twitter untuk menanyakan kapan waktu buka toko kita? Atau apakah ada diskon dan promo? Bagaimana mengikuti kontes? dll.

Komentar

Postingan Populer