Creative Entrepreneur : Lebih Sulit Menciptakan atau Mengembangkan Bisnis, ya?

Semakin bertumbuhnya usia, pertanyaan seperti “setelah selesai sekolah mau jadi apa?”. Sebagaian besar menjawab ingin menjadi seorang pebisnis karena tidak mau bekerja untuk orang lain. Seseorang termotivasi untuk menjadi seorang pebisnis karena melihat begitu banyak pebisnis sukses yang memiliki aset hingga miliaran. Kesuksesan tersebut pastinya didukung oleh ide bisnis yang menarik dan ketekunan dalam menjalankan bisnis. Karena tidak ada bisnis yang tumbuh besar hanya dalam satu malam. Lalu yang paling sulit menciptakan atau mengembangkan?

Menurut beberapa pengusaha tersebut, yang paling sulit adalah mengembangkan bisnis. Karena kita sering kali merasa puas atas hasil yang telah didapat. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut?

Halomoney.co.id merangkumnya menjadi 5 Prinsip Kerja Efektif untuk mengembangkan Bisnis Kamu, yaitu:

1. Perencanaan yang matang
Perencanaan harus dituangkan dalam bentuk tulisan, bukan hanya sebuah angan yang terdapat di pikiran kamu. Dengan menulisnya, kamu akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai bisnis.

2. Penjadwalan
Semua hal yang akan kamu lakukan mengenai bisnis kamu harus melalui penjadwalan. Segala hal yang dilakukan berdasarkan jadwal akan membuat pekerjaan kamu menjadi terstruktur, sehingga akan mengurangi peluang terlewatnya suatu kegiatan.

3. Pelaksanaan
Tiada hasil tanpa perbuatan. Saatnya menjadikan semua rencana kamu menjadi hal yang nyata. Tetap perhatikan kemungkinan-kemungkinan yang telah kamu pelajari sebelumnya.

4. Ukur Kemampuan
Segala hal perlu diukur untuk melihat sejauh mana pencapaian pekerjaan kamu. Buatlah rekapan bulanan pencapaian kamu, sehingga kamu dapat terpacu untuk melebihi target bulan ini di bulan depan.

5. Kontrapretasi
Setelah berhasil mencapai suatu target, jangan lupa untuk hadiahi dirimu ucapan selamat. Hal ini sangat bermanfaat untuk terus menumbuhkan semangat bekerja kamu.


Sumber : entrepreneurcamp

Komentar

Postingan Populer