Creative Parenting : Beginilah Cara Papa Mengajarkan Kedisiplinan

Mengajarkan kedisiplinan sejak dini adalah bekal untuk membentuk pribadi si kecil di masa depan. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah bagi orang tua terlebih lingkungan tidak mendukung penuh sikap disiplin. Sikap disiplin ini harus dilakukan ke seluruh anggita keluarga agar anak merasa kedisiplinan adalah dasar dalam bertindak sehari-hari. Jika mama yang biasa mengajarkan kedisiplinan, bagaimana ya kira-kira cara papa mengajarkan kedisiplinan bagi si kecil? Cara papa mengajarkan kedisiplinan pada anak memang berbeda tak selalu sama dengan mama. Hal ini membawa dampak yang baik pada diri anak. Berikut contoh kedisiplinan yang diterapkan papa :
1.  Papa cenderung mwmbiarkan anak mencoba melakukan kesalahan dulu sehingga ia mengetahui sendiri mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Misalnya, saat anak memanjat pagar, papa akan membiarkan si anak memanjat pagar dan merasakan tingginya pagar itu. Tentunya, papa tetap mengawasi walaupun tidak langsung berteriak untuk memintanya turun.
2.  Papa tidak bawel dan lebih sering membiarkan si kecil belajar menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri sebagai bekal menghadapi dunia nyata. Misalnya, ketika si anak menangis karena tidak mendapatkan perhatian, papa cenderung membiarkan anak menangis lebih lama sebelum akhirnya menjelaskan setelah tangisannya mereda.
3.  Papa lebih senang mengajak anak bermain dibandingkan menyuruh. Misalnya, saat anak tak mau mandi, papa cenderung membujuk dengan permainan daripada memaksanya mandi.
Dan tentunya, semua cara disiplin ayah ini mampu mmebuat anak mandiri dan berfikir antisipatif sebelum melakukan sesuatu.

Sumber : Majalah Parenting

Komentar

Postingan Populer