Creative Parenting : 6 Tips Mengajarkan Kemandirian Pada Anak Melalui Makanan

Mandiri, dewasa dan berbudi pekerti adalah harapan setiap orang tua terhadap buah hati mereka. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk membentuk karakter si kecil sehingga menjadi pribadi yang luar biasa. Tentunya mendidik bukanlah hal yang mudah dan bersifat instan. Dalam mendidik anak pun juga harus benar-benar sempurna, artinya tidak bisa setengah-setengah karena akan berdampak tidak baik bagi perkembangannya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak anda supaya hidup mandiri bisa melalui makanan. Yuk kita lihat seperti apa cara mendidik anak melalui makanan.

1.    Menyiapkan alat makannya sendiri
Ajari anak untuk menyiapkan peralatan makan sendiri agar anak terbiasa dan dia sangat senang untuk melakukannya. Anda sebagai orang tua harus menyiasatinya dengan meletakan alat makannya di tempat yang bisa dijangkau olehnya, sehingga dia tidak merasa kepayahan untuk mengambilnya.

2.    Makan sendiri
Berikanlah dia kesempatan menyendok sendiri makanannya dari piring. Pada awalnya, meja makan pasti berantakan karena nasi dan lauk pauk berserakan kemana-mana. Tetapi, tenang saja itu akan berlangsung tidak lama artinya hanya sementara. Seiring waktu, kemampuan makannya terasa lebih pintar.

3.    Ajaklah untuk makan bersama
Moment makan bersama selalu berhasil memberikan banyak manfaat seperti mengajarkan kedisiplinan. Ketika makan bersama dalam suasana yang hangat maka emosi anak akan lebih positif.

4.    Ajaklah untuk selalu berbelanja makanan bersama-sama
Dengan memulai kegiatan belanja makanan inilah anak akan semakin menyenangi makanannya dan bisa mengetahui nama-nama buah, sayuran, makanan lain dan minuman. Tentu hal itu dapat menambah dia semakin mengenal banyak kosakata sekaligus menambah kepercayaan dirinya.

5.    Ajari anak untuk menyiapkan bekal sendiri
Anda bisa memintanya untuk mengambil box makan, sendok, dan perlengkapan lain yang bisa disiapkan olehnya. Dengan begitu anda sudah mengajarkan dirinya hidup mandiri. Selain itu, anda juga bisa mengajaknya untuk menyusun makanannya dalam kotak makan.

6.    Mengatur meja makan
Anda bisa memintanya untuk membantu membersihkan meja makan dengan lap kain, menata sendok, garpu, dan melakukan pekerjaan lain yang ringan. Dengan begitu anak akan terbiasa hidup mandiri.

Sumber : sayangianak.com

Komentar

Postingan Populer