Creative Entrepreneur : 4 Tips Mengubah Followers Menjadi Konsumen

Seiring perkembangan tekhnologi, media sosial dirasa cukup ampuh dalam membantu meningkatkan awareness untuk bisnis Anda. Banyak perusahaan yang berbondong-bondong membangun kepada para konsumennya melalui media sosial. Namun, tentunya followers di sosial media belum tentu bersedia menjadi konsumennya. Berikut empat strategi mengubah follower media sosial jadi konsumen:

1. Fokus dengan Strategi
Beberapa media sosial ternyata bisa menjadi jalan untuk mengenalkan satu produk
lalu mengubah pengikut menjadi konsumen dari bisnis Anda. Sebuah hasil statistik menunjukkan, 72% pengikut Twitter cenderung membeli produk yang dekat dengan keseharian mereka melalui media sosial tersebut. Dari angka itu, 30 persen dari mereka cenderung merekomendasikan produk yang dibeli melalui Twitter ke follower. Sementara itu, Facebook masih menguasai media sosial untuk bisnis online. Sebanyak 85 persen  pembelian yang dilakukan di media sosial berasal dari situs itu. Produk bisnis seperti fotografi, olahraga dan rekreasi, kebutuhan binatang peliharaan, perhiasan, serta pakaian yang paling berhasil mengubah pengikut media sosial menjadi pelanggan Anda.


2. Mulai dengan Percakapan, Bukan Kampanye Pemasaran
Media sosial berdiri berdasarkan pada gagasan komunikasi dua arah. Setidaknya seminggu sekali Anda perlu mem-posting pertanyaan yang mengundang respons dari pengikut Anda. Terimalah semua umpan balik dengan serius, personal, dan menghormati. Buatlah media sosial ini sebagai representasi merek dan bisnis Anda. Untuk mendapatkan itu, Anda harus memastikan semua pengikut merasa suaranya didengarkan dan dihormati.


3. Biarkan Penggemar Tahu Tanggapan Mereka Sangat Berarti
Media sosial memberikan informasi pasar informal yang sangat bermanfaat bagi Anda dalam membuat keputusan bisnis. Dengarkan apa kata pengikut media sosial Anda. Umpan balik yang bisa menjadi masukkan bisnis Anda, misalnya soal kebijakan penukaran produk, mengubah jam operasional, dan lainnya.


4. Buat Follower sebagai Bintang
Kehadiran yang konsisten di media sosial sangatlah penting. Tapi pastikan semua yang Anda posting relevan dengan target konsumen. Strategi yang dibuat pembuat kamera GoPro bisa menjadi salah satu dicontoh. Perusahaan itu mengundang follower-nya untuk mememakai GoPro dan membaginya di media sosial. Lebih dari enam ribu video GoPro dari konsumennya dimuat di YouTube setiap hari. Ternyata strategi pasif ini yang semakin mendongkrak penjualan produk GoPro



Sumber : ayopreneur

Komentar

Postingan Populer