Creative Weekend : Ternyata, Ada Persamaan Antara Coklat dan Media Sosial!

Zaman sekarang banyak ditemukan anak muda yang sangat senang menggunakan media sosial. Di zaman dimana akses ke teknologi sudah semakin mudah di dapatkan, media sosial sudah menjadi salah satu media yang kerap digunakan oleh anak muda. Banyak studi yang membahas tentang efek media sosial buat kehidupan. Mulai dari efek negatif hingga efek positif yang menyertai. Tapi tahukah kamu ternyata bermain media sosial punya efek yang sama ke otak seperti saat makan cokelat?
Ternyata, apa yang terjadi di otak kita ketika sibuk berselancar di media sosial mirip dengan aktifitas otak saat kita sedang mengonsumsi cokelat. Kedua aktifitas yang bisa dibilang menyenangkan tersebut, sama-sama memicu bagian otak yang terkait dengan reward atau ganjaran. Kesimpulan ini didapat dari penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas California, Los Angeles, terhadap remaja saat mereka menggunakan media sosial, seperti dikutip dari Kompas.com.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Lauren Sherman ini, terdapat 32 remaja yang dilibatkan. Selama 12 menit, tim peneliti menunjukkan 148 foto yang sebelumnya pernah diposting oleh mereka. Sambil menunjukkan foto-foto tersebut, para peneliti merekam aktifitas otak para remaja tersebut menggunakan Magnetic Resonance Imaging atau MRI. Hasilnya pun nggak terlalu mengejutkan. Ketika foto-foto popular ditunjukkan, otak para remaja menyala seperti lampu.

“ketika foto mereka yang banyak mendapat likes ditunjukkan, kami melihat aktifitas pada berbagai area otak,” kata sherman.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan, kalo bagian otak yang terkait dengan sistem ganjaran atau reward adalah yang paling aktif dalam percobaan ini. Nah, area otak ini juga sangat aktif ketika kita sedang mengonsumsi cokelat atau ketika memenangkan hadiah dan uang. Selain itu, para peneliti juga mengamati aktifitas otak yang terkait dengan perhatian visual dan area yang disebut otak sosial, menyala ketika para responden melihat foto mereka mendapatkan banyak pujian. 
Well, sekarang jadi masuk akal ya kenapa keduanya bisa bikin kecanduan. Tetapi yang harus diinget, apapun itu kalo kamu melakukan secara berlebihan hasilnya juga nggak akan baik. Jadi tetap bijak bermedia sosial, ya!

Komentar

Postingan Populer