Creative Weekend : Mommy, Yuk Coba Menanam 8 Jenis Tanaman ini Dalam Pot

Memiliki kebun sayur sendiri di rumah tentu sangat menyenangkan, selain bisa mengisi waktu luang, sayuran yang kita hasilkan pasti terjamin kebersihannya dan bebas pestisida. Untuk mewujudkan hal tersebut beberapa waktu yang lalu saya dan suami sempat ikut pelatihan bagaimana cara budidaya tanaman hidroponik. Namun, setelah dipikir-pikir biaya yang harus kami keluarkan untuk membuat media tanam hidroponik tidaklah murah. Maka dari itu, kami putuskan untuk kembali menggunakan media tanam konvensional dengan memanfaatkan pot bunga sebagai wadahnya.

Sayangnya, tidak semua jenis tanaman sayur dapat dibudidayakan di dalam media pot. Setelah mencari informasi dari beberapa sumber, saya menemukan ada 8 jenis sayuran yang bisa kita tanam, diantaranya:

1. Sawi putih

Jika ingin menanam sawi putih di dalam pot atau polybag, pastikan tempat media tanam memiliki diameter minimal 15 cm. Isi wadah dengan menggunakan campuran tanah, sekam dan pupuk kompos. Untuk perbandingan media tanam Anda bisa menggunakan skema 1:3:1.

2. Sawi hijau

Sebelum ditanam, semai terlebih dahulu biji sawi hijau di media tanam bernama rockwool. Atau jika kesulitan mendapatkan rockwool Anda bisa menggunakan tanah humus hingga biji sawi berkecambah. Tunggu kira-kira umur 1 minggu hingga tumbuh daun pertama dan setelah itu Anda sudah bisa memindahkannya ke dalam media pot.

3. Daun bawang

Jika Anda masih memiliki sisa daun bawang dari dapur Anda, potong bagian atas daun dan sisihkan umbinya untuk dijadikan tanaman baru nantinya. Rendam terlebih dahulu umbi bawang ke dalam gelas berisi air, tunggu kira-kira seminggu hingga tumbuh daun baru. Setelah muncul tunas baru, artinya daun bawang sudah siap di pindahkan ke media tanam.

4. Tomat

Tidak ada teknik khusus untuk menanam buah tomat. Pertama-tama yang perlu dilakukan cukup memilih biji tomat dari buah tomat yang sudah masak dan berukuran besar. Cuci bersih biji tomat lalu keringkan, masukkan secara perlahan biji tomat yang telah kering ke dalam media tanam kira-kira 1 cm. Setelah itu letakkan di bawah sinar matahari dengan pencahayaan cukup dan tunggu hingga biji tomat tumbuh.

5. Cabai

Sama seperti menanam tomat, tidak ada cara khusus untuk menanam cabai. Namun agar cabai yang dihasilkan nantinya maksimal, pastikan menyemai biji dari cabai dengan kualitas terbaik. Perhatikan pula asupan nutrisi (pupuk) serta kelembapan tanah supaya cabai sehat dan berumur panjang.

6. Bayam

Ada 2 jenis bayam yang sering dibudidayakan oleh masyarakat. Pertama, bayam cabut yang memiliki ciri-ciri batang kemerahan atau agak keputihan dengan bunga tumbuh di ketiak cabang. Kedua, bayam tahun yang memiliki ciri-ciri berdaun lebar berwarna hijau dengan bunga berada di pucuk tanaman.
Syarat agar berhasil menanam bayam harus memerhatikan beberapa hal, seperti: Kualitas benih yang digunakan, media tanam yang baik, sinar matahari yang cukup dan memiliki ketersediaan air.

·         7. Kangkung

Ada 2 jenis kangkung yang sering dibudidayakan oleh masyarakat, yaitu: Kangkung air dan kangkung darat. Untuk menanam kangkung darat cukup sediakan media tanam yang gembur dan pastikan menggunakan bibit dari varietas unggul agar pertumbuhan kangkung maksimal.

 

8. Wortel

Sebagai tanaman sayur berjenis umbi-umbian, wortel sangat mudah dibudidayakan. Gunakan pot dengan kedalaman 30-40 cm, pilihlah bibit wortel dengan kualitas unggul dan gunakan media tanam yang tidak mudah padat agar pertumbuhan wortel maksimal.

Sumber : keluarga.com

Komentar

Postingan Populer