Creative Entrepreneur : Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan di Bisnis Online?

Menurut hasil studi di tahun 2014, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 88,1 juta. Angka tersebut meningkat menjadi 93,4 juta pengguna di tahun 2015. Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tidak heran jika bisnis online pun terus berkembang dari tahun ke tahun mengikuti perilaku penggunanya.

Peluang bisnis online yang semakin ditandai dengan munculnya banyak online shop sehingga kompetisi semakin ketat. Sebagai pelaku bisnis online, tantangan utama adalah meraih kepercayaan pelanggan.

Seperti berita yang dilansir dari Tribunnews, ada lima cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan di bisnis online:

1. Gunakan Logo Pembayaran yang Terpercaya
Logo dan trustmarks dari akreditator resmi dapat memberikan kepastian keamanan berbelanja di situs ini kepada konsumen. Beberapa contoh yang umum digunakan adalah PayPal, ipay88, Visa dan Mastercard.


2. Pastikan Simbol Mudah Dilihat Pelanggan
Letakan simbol kepercayaan tersebut dilokasi yang strategis dan terlihat jelas di situs Anda sehingga akan menghilangkan keraguan dari para konsumen.


3. Tambahkan Sebuah Tombol SSL
Kebijakan privasi pada situs Anda yang secara transparan akan menjelaskan bagaimana informasi konsumen digunakan. Konsumen akan cenderung lebih percaya jika mereka merasa bahwa Anda terbuka tentang keamanan informasi mereka.


4. Tetapkan Kebijakan Pengembalian yang Jelas
Keraguan belanja online banyak disebabkan oleh ketidakmampuan pelanggan untuk melihat barang secara langsung. Dengan memberikan pilihan kepada konsumen bahwa mereka dapat melakukan pengembalian jika merasa tidak puas, pelanggan akan merasa lebih nyaman.


5. Hubungkan Situs Anda dengan Platform e-Commerce yang Terpercaya
Platform e-commerce memiliki standar bagi setiap toko online untuk bergabung, persyaratan nomor satu adalah kredibilitas dari toko online tersebut. Dengan mendaftarkan diri ke market place atau platform e-commerce Anda akan dipandang lebih terpercaya oleh pelanggan.


Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Postingan Populer