Creative Parenting : 4 Hal Negatif Orang Tua Mempengaruhi psikologis Anak

Fisik dan psikologi anak terbentuk sejak ia lahir. Si Kecil akan merasakan dan belajar melalui orang-orang yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, Moms and Daddy harus memperhatikan betul perkembangan psikologi si Kecil. Terkadang ada beberapa sikap orang tua yang justru beresiko negatif terhadap perkembangan psikologis si Kecil. Sikap seperti apa ya Moms and Dad, Yuk kita intip.

Tidak Memberikan Respon pada si Kecil
Bayi secara alamiah sudah mampu berinteraksi aktif melalui ekspresi wajah dan bahasa tubuh, seperti tertawa, mengulurkan tangan. Tidak ada salahnya Moms mengajak si Kecil mengobrol meskipun si Kecil terlihat belum mengerti bahasa yang Mommy sampaikan namun kehadiran dan respon Mommy-lah yang penting untuk membangun komunikasi serta kedekatan antara ibu dan anak. Apa yang ia alami sejak lahir bisa terekam di otaknya dan membentuk kepribadian dan psikologi si Kecil.

Membiarkan si Kecil Menangis
Ketika bayi menangis dan Ibu membiarkannya begitu saja, ini sama saja membiasakan tubuhnya dengan perasaan tertekan. Saat ini, 75% otaknya sedang tumbuh dan segala apa yang ia serap saat ini bisa membentuk fisik dan psikologis si Kecil. Jadi, ketika bayi terus-terusan mengalami stres, ia akan merasa gelisah dan tidak percaya dengan diri sendiri serta orang-orang di sekitarnya. Hal ini mungkin menjadikan ia sebagai pribadi yang tidak fleksibel, egois, dan mudah stres. Mommy disarankan untuk membaca arti tangisannya agar bisa membuatnya nyaman dan menjaganya tetap senang.

Menghukum si Kecil
Si Kecil merengek atau menangis tanpa henti? Moms, hindari menghukumnya dengan membiarkan ia menangis atau malah memukulnya pelan sebagai bentuk hukuman. Perilaku seperti itu bisa meninggalkan efek negatif pada psikologi si Kecil seperti mengurangi rasa percaya si Kecil terhadap Ibu. Dampak lain, si Kecil akan memiliki percaya diri yang rendah dan takut untuk memulai sesuatu. Dalam hal ini si Kecil memiliki pemahaman bahwa lebih baik diam daripada menunjukkan kebutuhan tertentu dan berujung pada suatu hukuman.

Membiarkan si Kecil Sendiri
Jika Mommy meninggalkan si Kecil sendirian, ia akan merasa terisolasi. Ia mungkin menyimpan sendiri ketakutan yang dirasakannya dan akan terus membawa perilaku ini sepanjang hidupnya. Isolasi juga mengajarkan si Kecil untuk hanya memikirkan diri sendiri sehingga ia bisa tumbuh dengan kemampuan berempati yang kurang.

Sumber : ibudanbalita

Komentar

Postingan Populer