Creative Weekend : Happy Planting...

Hai Mommy, ada yang sudah pernah bercocok tanam bersama si kecil? Bercocok tanam adalah kegiatan sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk anak, loh. Anak-anak secara alami tertarik pada tanaman dan hal-hal yang tumbuh. Naluri mereka yang penuh rasa ingin tahu tentang dunia di sekitarnya membuat mereka senang ikut bercocok tanam. Memanfaatkan semangat alami tersebut, Anda bisa membantu anak-anak Anda memetik pelajaran hidup yang berharga saat berkebun. Kira-kira pelajaran apa ya moms yang didapat anak-anak dari kegiatan menanam ini, cuk check this out.

1. Kesabaran
Bercocok tanam memerlukan kesabaran karena benih tidak berkecambah dalam satu malam, biasanya diperlukan beberapa minggu untuk melihat daun pertamanya muncul ke permukaan tanah. Ajarkan anak Anda untuk menunggu dan memiliki kesabaran. Sangat penting bagi anak-anak untuk memahami konsep bahwa “hal-hal baik datang kepada orang yang sabar menunggu.”

2. Bekerja
Beri anak Anda tugas khusus untuk dikerjakan, seperti mengairi dan menyiangi rumput-rumput liar. Ajari mereka bagaimana melakukan masing-masing pekerjaan tersebut agar memberi manfaat kepada kebun Anda. Pekerjaan selanjutnya meliputi penjarangan sehingga tanaman yang tersisa bisa memiliki ruang yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berbuah. Beberapa tanaman mungkin perlu dilakukan stek atau diberi anjang-anjang agar bisa merambat. Luangkan waktu untuk bekerja bersama mereka dan bahaslah mengenai apa yang sedang Anda lakukan dan mengapa. Juga, biarkan mereka melakukan pekerjaan lebih banyak.

3. Kekecewaan
Kadang-kadang, meskipun telah banyak bekerja, berkebun bisa saja mengalami kegagalan. Namun, ada pelajaran berharga yang dapat diajarkan kepada si kecil bahwa segala sesuatu kadang tidak berjalan seperti yang telah direncanakan, sesuatu yang sering terjadi di dalam kehidupan.

Sumber : 
artikel : keluarga.com (diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “4 ideas for growing your garden and growing your children” karya Robyn Carr.)
Foto : Stella Maris BSD

Komentar

Postingan Populer