Creative Entrepreneur : Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional (EQ) Tinggi. Penting Untuk Para Entrepreneur Muda

Emotional intelligence (EQ) adalah kemampuan untuk mengatur perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain. Hal ini secara enggak langsung menyatakan kalau EQ lebih penting sebagai faktor kesuksesan dibandingkan dengan IQ. Alasannya adalah kemampuan untuk mengatur perasaan seseorang lebih penting daripada hanya menjadi seseorang yang sangat pintar secara akademis.
Setidaknya ada 10 tanda utama bahwa seseorang memiliki EQ yang tinggi. Apakah sebagian besar tanda-tanda ini ada di dalam dirimu?
1. Kamu memilki tingkat emosional yang kuat
Semakin spesifik kita menggunakan sebuah kata untuk menamakan atau menjelaskan emosi perasaan kita, semakin mudah kita mengerti hal yang kita rasakan, yang menyebabkan kondisi emosi kita dan apa yang harus kita lakukan dengan hal itu.
2. Kamu ingin tahu tentang orang-orang yang tidak kamu tahu
Orang yang memiliki EQ tinggi biasanya penasaran dengan semua orang di sekitar mereka. Faktanya, orang yang biasanya menanyakan banyak hal setelah mereka dikenalkan dengan seseorang, adalah orang yang penyayang dan peka terhadap kebutuhan orang lain dibandingkan dengan orang yang enggak ingin tau banyak hal tentang orang lain.
3. Kamu tidak takut pada perubahan
Orang dengan EQ tinggi adalah orang yang fleksibel dan mampu beradaptasi. Mereka tahu bahwa perasaan takut menghadapi perubahan bersifat melumpuhkan dan menjadi ancaman utama bagi kesuksesan dan kebahagiaan mereka. Mereka mencari solusi perubahan yang mengintai setiap saat, dan mereka membuat sebuah rencana tindakan jika perubahan harus terjadi.
4. Kamu memahami betul kelebihan dan kekuranganmu
Orang dengan EQ yang tinggi mengetahui kemampuan mereka, mereka tau hal hal yang mereka bisa dan yang mereka enggak ahli. Mereka enggak begitu saja menerima hal ini tapi memelajari hal hal yang membuat mereka sukses. Mereka menggunakan keunggulannya secara maksimal untuk membuat kekurangannya terlihat sebagai hal yang enggak begitu berarti.
5. Kamu memahami orang lain
Orang-orang cerdas secara emosional tidak hanya mampu memahami emosi, mereka tahu kelebihan dan kekurangannya sendiri dengan baik. Selain mengenal lingkungannya, mereka juga tahu siapa dan apa yang bisa mendorong mereka maju.
Banyak dari kecerdasan emosional menular ke kesadaran sosial, dengan kemampuan bisa membaca karakter dan sifat-sifat orang lain. Sejalan dengan waktu, keahlian ini akan membuat Anda seorang penilai karakter yang luar biasa. Anda akan cepat mengenali seseorang. Anda tahu tentang orang lain dan memahami motivasi mereka, bahkan yang tersembunyi di bawah permukaan.
6. Kamu sulit menyinggung perasaan orang lain dan tidak mempunyai dendam
7. Kamu mampu mengendalikan diri sendiri sepenuhnya
9. Kamu memberi dan tidak mengharapkan apa-apa kembali
10. Kamu menghindari orang-orang negatif
Semakin Anda berpikiran negatif, semakin besar kekuatan yang Anda berikan kepada mereka. Sebagian besar pikiran negatif kita hanya berdasar pada katanya, bukan fakta. Orang-orang cerdas secara emosional memisahkan fakta dan pemikiran untuk menghindarkan dirinya dari siklus negatif sehingga bisa bergerak ke arah pandangan baru yang positif.
Anda tidak akan merasakan kekurangan kebahagiaan jika Anda adalah orang yang cerdas secara emosi. Dengan kemampuan menciptakan kebahagiaan setiap saat, mampu memahami perasaan orang lain, dan selalu bisa menghadirkan pikiran positif, itu sudah menjadi tanda yang menentukan kecerdasan emosi Anda.

Sumber : http://kawankumagz.com/

Komentar

Postingan Populer