Creative Entrepreneur : Keterampilan Yang Harus Dikuasai Seorang Entrepreneur

Hal-hal terbaik dalam hidup ini? mungkin gratis namun itu bukan berarti tidak membutuhkan waktu, kerja keras dan kegigihan dalam menggapainya. Hal itu terutama berkaitan dengan proses belajar ketrampilan hidup yang penting. Dalam upaya menemukan ketrampilan yang patut dipelajari, kita perlu pertimbangkan tingkat kesulitannya dan manfaatnya juga. Berikut adalah beberapa jenis ketrampilan yang patut Anda pertimbangkan.

1. Manajemen waktu
Manajemen waktu yang efektif merupakan salah satu ketrampilan yang paling dibutuhkan siapa saja. Meski tidak ada cara yang paling benar, penting untuk dapat menyusun sebuah sistem yang sesuai untuk Anda dan tetap berdisiplin menerapkannya.

2. Empati
Anda mungkin bisa menjadi orang yang paling disiplin, brilian dan bahkan terkaya di dunia, namun jika Anda tak peduli dengan orang lain, Anda bisa dikatakan sosiopat. Empati membuat Anda menjadi entrepreneur yang lebih utuh, bukan semata-mata sukses. Dengan empati, Anda bisa memimpin anak buah dengan lebih baik dan merasakan apa yang dirasakan konsumen produk dan jasa Anda. Karena ini bukan cuma keberhasilan atau keuntungan semata.

3. Mengatur istirahat
Ada banyak cara untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak tetapi apapun itu, miliki sebuah ritual khusus agar tidur Anda lebih baik.
Berbagai penelitian menunjukan bahwa konsisten dengan jadwal tidur memudahkan kita tidur dan bangun esok harinya. Dengan demikian, kualitas hidup Anda akan terus terjaga.

4. Persepsi diri
Apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda? Berhati-hatilah dengan persepsi diri karena itu bisa menentukan sukses tidaknya ikhtiar Anda dalam berbisnis. Dan apapun yang dikatakan orang, jika Anda percaya diri, Anda relatif tidak terpengaruh oleh negativitas yang ada. Yang terpenting, percayalah pada diri Anda sendiri meski semua orang tidak.

5. Konsistensi
Apakah Anda mencoba olahraga baru, belajar ilmu baru, atau mengerjakan proyek penting, konsistensi menjadi salah satu kunci menggapai sukses.
Orang kadang berhenti bekerja keras saat sudah merasa sukses dan mapan namun untuk mempertahankannya justru dibutuhkan lebih banyak kerja keras dan kerja cerdas serta konsistensi.

Sumber : Ayopreneur (artikel) dan Stella Maris School (Foto)

Komentar

Postingan Populer