Creative Entrepreneur : Cara Jitu Kembangkan Bisnis Online

Berjualan dengan memanfaatkan teknologi digital atau lebih dikenal dengan bisnis online, saat ini memang sedang menjamur dan banyak digandrungi banyak orang. Hampir setiap harinya banyak pelaku bisnis baru yang bermunculan, tetapi tak sedikit pula yang gulung tikar atau tak berjalan mulus.
Hanya sebagian kecil bisnis online yang bertahan, untuk mempertahankan bisnis online tentu banyak cara yang harus pelaku bisnis lakukan demi keberlangsungan bisnisnya.

Mengutip dari Lifehack, berikut 5 cara kembangkan bisnis online Anda:

1. Respons para calon pembeli dengan cepat
Dalam berbisnis online, kecepatan menjadi hal yang penting, terutama pada saat memberi respon terhadap para calon pembeli. Jangan biarkan para calon konsumen Anda menunggu dan segera balas pertanyaan mereka secepat mungkin.

Bahkan ketika Anda sedang berada di luar kota, pastikan ada seseorang yang meluangkan waktunya untuk menjawab berbagai pertanyaan dari para calon konsumen.

2. Jaga hubungan baik dengan pelanggan
Pada saat berbisnis online, tentunya penting bagi Anda tahu siapa saja pelanggan yang Anda miliki. Anda dapat menampilkan fitur bagi para pelanggan agar dapat menerima berbagai email promosi yang Anda berikan. Anda juga dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan mengirimkan mereka email ucapan hari raya.


3. Berikan langkah mudah bagi konsumen untuk belanja online
Jangan terfokus hanya pada desain dan kecanggihan dari website bisnis online Anda, tetapi bagaimana konsumen bisa dengan mudah berbelanja online di tempat Anda.

Jangan terlalu memberikan banyak konten di website Anda, yang seringkali membuat bingung para calon konsumen. Gunakan bahasa yang singkat, jelas, dan padat dalam memberikan penjelasan tentang produk yang Anda jual.

4. Optimalkan media sosial
Pemasaran melalui media sosial diyakini sebagai pemasaran yang paling murah dan efisien, terlebih untuk bisnis online. Fitur seperti kolom komentar, akan memudahkan Anda mengetahui respons dari calon konsumen terhadap produk Anda.

Anda juga dapat berbagitestimoni dari para konsumen Anda tentang produk Anda di media sosial. Hal ini akan membangun kepercayaan antara bisnis online Anda dengan para calon konsumen.

5. Cari tahu apa yang spesial dari bisnis Anda
Banyaknya pebisnis online saat ini tentunya membuat Anda harus berpikir bagaimana calon konsumen akan lebih memilih berbelanja di toko online Anda, dibandingkan toko online lainnya.



Apa yang menjadi spesial dari bisnis Anda? Apakah harga produk, pelayanan, atau keunikan produk yang Anda jual. Anda harus mencari tahu dan menentukan apa yang spesial dari bisnis Anda.

Sumber : ayopreneur

Komentar

Postingan Populer