Creative Parenting : Manfaat Orang Tua Aktif

Moms, Dads, sekarang ini kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak hanya sebatas hubungan antara guru dan murid saja, tapi kini orang tua siswa pun dilibatkan dalam program pengawasan dan pembinaan, lewat sebuah perkumpulan yang bernama komite sekolah atau POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru).
Nah, kalau sekolah si kecil kebetulan ada program yang seperti ini, jangan lupa iku aktif di dalamnya ya. Pasalnya, banyak lho keuntungan yang bisa didapat, baik untuk Moms and Dads sebagai orang tua murid, ataupun buat si kecil sebagai peserta didik sekolah tersebut.
Akses informasi lebih mudah
Dengan aktif dalam kegiatan sekolah si kecil, parents akan lebih mudah untuk memantau bagaimana perkembangan si kecil, tidak hanya lewat rapor nilai saja, tapi langsung lewat sumber-sumber dalam yang lebih mengenal keseharian si kecil di sekolah.
Dengan begitu, Moms and Dads jadi bisa lebih cepat memberikan evaluasi hasil pendidikan si kecil, yang bisa Dads gunakan untuk meningkatkan kualitas belajarnya.
Si kecil lebih diperhatikan
Ketimbang orang tua yang cuek yang sekedar titip lalu pergi, guru lebih suka parents ikut berperan aktif dalam kegiatan sekolah. Alih-alih menimbulkan rasa tidak percaya, mereka justru akan memuji Dads karena  mengedepankan kualitas pendidikan anaknya.
Singkatnya. Kalau parents saja habis-habisan dalam mendidik si kecil, tidak ada alasan bagi guru untuk tidak memperhatikan si kecil, lebih ketimbang anak lainnya.
Tahu banyak kegiatan sekolah
Kalau hanya mengandalkan si kecil, akan sangat sulit untuk mengakses informasi kegiatan apa saja yang ada di sekolah di luar kegiatan belajar mengajar. Misalnya saja ketika sekolah mengirimkan utusannya untuk lomba, atau ada kegiatan sekolah yang berhubungan dengan ekstrakulikuler.
Dengan ikut komite sekolah, parents bisa tahu semua kegiatan tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin Moms and Dads bisa mendorong si kecil untuk jadi perwakilan sekolahnya. Tentu saja pertimbangkan prestasi si kecil juga.
Si kecil lebih percaya diri
Siapa sih yang tidak mau punya orang tua di hargai dan kenal banyak guru di sekolah? Yup, dengan keuntungan ini si kecil akan semakin percaya diri. Mereka akan merasa terlindungi, dan sangat kecil kemungkinannya untuk jadi korban bullying.
Intinya, banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari aktif dalam kegiatan si kecil di sekolah. Jadi, manfaatkan peluang ini untuk meningkatkan mutu pendidikan si kecil.
Sumber : merrires.co.id (artikel) & stella maris (foto)

Komentar

Postingan Populer