Creative Entrepreneur : Menjadi Trendsetter Dalam Bisnis

Tren seolah bagai bumi yang berputar, berganti dengan cepat bahkan tidak banyak orang yang merasa kewalahan dibuatnya. Mengikuti tren adalah salah satu bentuk upgrade diri bagi sebagian orang, termasuk dalam berbisnis. Namun, mengembangkan bisnis tidak melulu harus berpatokan pada tren yang sudah ada. Bahkan pebisnis harus lebih kreatif melihat peluang dan memprediksi masa depan dengan lebih jeli mengenali perubahan. Perubahan pola pikir dan gaya hidup masyarakat menjadi tolok ukurnya. Salah satu cara menguasai pasar atau market dalam bisnis adalah selalu tetap mampu menciptakan trend dalam setiap bisnis yang kita jalankan, sebab diantara persaingan yang semakin berat dalam dunia bisnis memerlukan strategi jitu dan handal agar bisnis yang kita jalankan tidak akan pernah kalah dalam persaingan dan dapat menjadi trendsetter. Lalu bagaimana agar bisnis kita menjadi trendsetter? Berikut tipsnya.

1.  Melakukan research kecil
Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan satu ide. Kamu harus melakukan research kecil untuk menemukan beberapa fakta dan kebiasaan para konsumen. Kamu juga harus menemukan apa yang dibutuhkan orang banyak. Ide yang bisa menjadi solusi bagi orang banyak adalah ide yang cemerlang. Dedikasikan hidupmu untuk memperhatikan sekelilingmu. Kamu enggak akan bisa paham apa yang diinginkan orang kalau kamu tidak memposisikan diri menjadi konsumen. So, kamu harus berada di dalam lingkaran kehidupan mereka. Kamu harus merasakan 'penderitaan' mereka. Apa yang dikeluhkan? Apa yang menjadi masalah? Kamu harus berpikir seperti konsumen.

2.  Always Be The One
Inovasi adalah jawaban pertama yang sangat tepat untuk dapat selalu menjadi trendsetter dalam bisnis. Oleh karena itu seorang pebisnis harus memiliki wawasan dan cara pandang yang sangat luas, bagaimanakah agar memiliki wawasan yang luas dalam berbisnis, yaitu dengan selalu belajar dan menggali berbagi wawasan ilmu setiap saat, sebab sebuah inovasi berasal dari ilmu yang selalu kita tambahkan tanpa henti. Inovasi sering juga disebut sebagai daya cipta, kemampuan seseorang dalam menciptakan suat hal yang baru dan akhirnya diikuti oleh orang banyak dan menjadi tren.
Kreativitas akan muncul jika kita selalu membuka diri untuk selalu belajar terhadap segala ilmu dan hikmah yang kita temukan dalam perjalanan bisnis, kapan saja dan dimana saja, maka semua hal yang kita saksikan, yang kita dengar dan yang kita rasakan akan memunculkan suatu ide-ide baru yang sering kita katakan sebagai "Inovasi".

3.  Terbaik dalam Menjaga Kualitas
Salah catu cara untuk tetap menguasai pasar dalam bisnis anda adalah miliki kemampuan untuk berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berbeda dengan orang lain dan memiliki kelebihan serta keunikan tersendiri. Saat ini salah satu  penyebab besarnya omset suatu barang adalah  barang yang memiliki nilai manfaat, kualitas tinggi dan unik. Anda tidak akan pernah mampu terkalahkan dalam persaingan bisnis jika apapun yang anda buat selalu mengandung 3 unsur penting ini. Menjaga kualitas dari sebuah inovasi dan selalu dapat mempertahankannya merupakan langkah penting untuk selalu menjadi yang terdepan. Terapkan juga hal ini dalam usaha dan bisnis yang anda jalankan, jangan hanya mampu untuk sekedar mempertahankan kualitas tetapi tingkatkan berkali lipat kualitas semua hal yang terkandung dalam bisnis yang anda jalankan, karena ini adalah langkah untuk tetap memimpin dan menjadi trendsetter.

 Sumber : berbagai sumber

Komentar

Postingan Populer