Creative Entrepreneur : Jurus Jitu Berbisnis di Jejaring Sosial

Di era modern ini sosial media sangat berperan aktif dalam menunjang sebuah bisnis, untuk pelaku bisnis, memakai jejaring sosial sebaiknya tak disamakan dengan pemakaian account personal, yang sangat mungkin pemiliknya mengunggah content apa pun yang dikehendakinya seperti situasi hati atau selera pribadi.

Ekaterina Walter, praktisi kiat media sosial dari intel, sharing kiat menyusun strategi berbisnis di Jejaring Sosial untuk usaha mereka.

1. Tuang tujuan dengan cara jelas
Janganlah berasumsi sepele tujuan dengan cuma mencontek kampanye jejaring sosial punyai korporasi lain yang telah lebih dahulu sukses. Tetapkan tujuan Anda sendiri untuk perusahaan Anda. Mengikuti tak merampungkan persoalan. Bila memanglah mengikuti, kerjakan penyesuaian hingga lebih pas untuk keadaan usaha Anda.


2. Siapakah audiens utama Anda?
Untuk pengusaha yang serius menggarap jejaring sosial untuk tujuan usaha, Anda butuh mempunyai audiens yang khusus. Didunia maya, Anda membutuhkan konsentrasi untuk kampanye jejaring sosial Anda lantaran memuaskan seluruh tipe audiens adalah hal yang susah. Anda cuma butuh pelajari segmen yang mau Anda bidik untuk audiens, umpamanya segmen yang disusun menurut grup umur, latar belakang pendidikan atau hoby, dsb.


3. Dengarkan
Banyak mendengar jadi kunci utama berjejaring sosial yang efisien. Beberapa besar pelaku bisnis memperlakukan jejaring sosial untuk suatu papan iklan gratis yang dapat dibuka setiap saat serta diunggahi content promosi apapun yang mereka hendaki. Namun berpromosi terus-terusan tidaklah cara yang pas untuk bangun hubungan serta kesetiaan dalam periode panjang. Promosi mesti diatur frekuensinya serta disertai oleh pemberian info serta content yang berguna untuk pemakai jejaring sosial.

Di samping itu, Anda juga butuh tahu area virtual mereka umum berkumpul serta berhubungan dengan intens. Kenali juga sosok-sosok punya pengaruh di grup atau segmen itu. Bila jawaban Anda : mereka seluruh ada di Facebook, Anda barangkali bakal terperanjat.

4. Tetapkan fokus
Di manakah Anda mau berperan serta dalam jejaring sosial? Anda pasti tak dapat mengadakan kampanye jejaring sosial di seluruh website social media yang ada di situs. Fokuslah pada basis, komunitas serta area diskusi yang paling banyak dipakai mereka yang Anda tujuan untuk customer. Karena inilah kenapa Anda butuh dengarkan, lantaran dengan dengarkan Anda bakal menggali info semakin banyak untuk memastikan konsentrasi.


5. Periksa akun-akun jejaring sosial usaha Anda
Kerjakan kontrol teratur di akun-akun jejaring sosial Anda untuk meyakinkan kemutakhiran info yang di sajikan di dalamnya.


6. Tetapkan tone Anda
Bagaimana kita bakal berbicara serta berkomunikasi di jejaring sosial? Kepribadian yang bakal di tangkap oleh beberapa pengikut serta penyuka yaitu apa yang dikatakan sebagai tone.


7. Integrasikan dengan profil on-line Anda lainnya
Tujuannya bila Anda telah mempunyai situs (blog) atau website usaha resmi, hubungkanlah website/situs (blog) itu dengan account jejaring sosial Anda. Yakinkan Anda mempunyai gagasan cadangan yang siap digerakkan bila gagasan pada mulanya gagal.

8. Libatkan seluruh unsur
Yakinkan seluruh elemen dalam perusahaan mensupport kampanye jejaring sosial usaha. Janganlah abaikan peran divisi sumber daya manusia, humas, keamanan, situs, legal, dsb. Diskusikan berbarengan content yang diijinkan serta tak diijinkan untuk dipublikasikan di jejaring sosial. Ini mutlak supaya tak berlangsung kesalahpahaman nantinya.


9. Ukur keberhasilan Anda
Sesudah berusaha keras, janganlah lupa mengukur serta mengevaluasinya. Pengukuran dapat berbentuk metrics yang lalu dikaitkan dengan tujuan di awal. Apakah tujuan itu terwujud atau tidak?


Sumber : ayopreneur


Komentar

Postingan Populer