Creative Weekend : Yuk Asah Kreativitas Anak...

Beberapa langkah sederhana berikut ini bisa Anda coba untuk mengembangkan kreativitas anak:  

Kartu ucapan. Menghias kartu ulang tahun, atau kartu ucapan di Hari Ibu, dari kertas lipat atau concorde warna-warni. Jangan lupa, beri pujian saat anak mampu menyelesaikan hasil karyanya itu.

Telling a story. Membacakan cerita untuk anak ampuh meningkatkan kreativitas dan mengembangkan daya imajinasinya. Usai membacakan, mintalah anak menceritakan kembali kepada Anda. Beri ia kebebasan menggunakan ilustrasi suara atau gambar.

Role play. Anak mulai bisa bermain peran saat ia berusia 18 bulan. Manfaatkan kesempatan ini untuk melatih daya imajinasinya, misalnya, dengan mengajarinya  bertelepon menggunakan buah pisang, atau berpura-pura minum teh menggunakan cangkir mainan. Aktivitas ini akan membantu menstimulasi imajinasi anak dalam mengembangkan cerita.

Masak bareng. Saat memasak, jangan ragu melibatkan anak. Agar  tidak mengacaukan aktivitas Anda saat memasak, buat resep khusus untuknya, misalnya dengan mencampurkan pewarna makanan menggunakan ampas kelapa. Lewat cara tersebut, anak bisa belajar mengenal bentuk maupun warna.

Bermain puzzle. Beli aneka puzzle dalam berbagai macam tema dan bentuk. Cara ini bisa mengembangkan kemampuan memecahkan masalah serta meningkatkan keterampilan motoriknya.



Sumber : femina

Komentar

Postingan Populer