Creative Parenting : Yuk Tumbuhkan Kesadaran Anak Untuk Menjaga Diri Mereka Sendiri..

Pertemanan memiliki pengaruh yang kuat untuk tumbuh kembang anak, terlebih keberadaannya paling dekat dengan kehidupan anak. Wajar bila hal ini menjadi perhatian orang tua demi masa depan putra putrinya. Pola asuh yang orang tua berikan adalah modal utama dalam pembentukan karakter anak. Karakter dalam diri seseorang menjadi penting ketika kita berhadapan dengan orang lain. Salah-salah bersikap bisa membahayakan diri anak sendiri. Berikut tips untuk mendidik anak agar timbulnya kesadaran anak dalam menjaga dirinya sendiri dari hal-hal yang tidak baik.

Berikan pengertian yang menarik
Tidak perlu menggunakan pensil warna agar terlihat menarik, cukup gunakan gaya bahasa dan tekhnik penyampaian yang santai namun lugas. Anak-anak memiliki daya imajinasi yang tinggi sehingga cenderung untuk membayangkan sesuatu hal yang sedang dibicarakan. Inilah yang membuat anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cara pengajaran terbaik yaitu dengan memperlihatkannya contoh nyata di lingkungan terdekat.

Berusaha menjadi seperti anak
Orangtua dirasa perlu untuk mengulang kembali masa-masa dimana ketika mereka menjadi anak-anak., agar orangtua memahami mengenai peraturan yang mereka terapkan untuk anak mereka. Tidak sedikit orangtua yang mengekang anak mereka dan memaksakan kehendaknya hanya karena kekhawatiran yang berlebihan. Padahal jika di flashback, aturan yang mengekang itu pun juga akan membuat orangtua memberontak ketika mereka berada di posisi anak-anak mereka.

Memahami zamannya anak
Tak ada habisnya jika orangtua dituntut untuk mengikuti perkembangan anak dizaman sekarang terutama dalam hal pergaulan dan tekhnologi. Tidak mungkin juga bila orangtua setiap hari memantau social media milik anak bahkan mengecek pembicaraan anak dengan teman-temannya. Hal itu justru membuat anak merasa terganggu dan akhirnya akan membuat anak menjadi tertutup. Cukup pahami, krtisi fungsi dari sosial media atau cara bergaul anak bersama teman-temannya. Dengan begitu anak akan tetap mendapatkan privasinya dan orangtua pun dapat memantau. Bukankah menjadi teman bagi anak itu lebih baik!

Orangtua perlu aktif!

Seminar mengenai parenting dirasa perlu untuk lebih memberikan masukan kepada orangtua mengenai metode-metode terbaru mendidik anak-anak. Setiap anak memiliki cara penanganannya sendiri dan dengan keaktifan orangtualah akan menemukan titik temu antara pola sikap anak-anak mereka dengan pola asuh orang tua yang tepat.

Komentar

Postingan Populer