Creative Entrepreneur : 6 Langkah Mudah Garap Konten Agar Mudah Dibagikan

Bagi Anda pegiat bisnis online, tentu sangat mengharapkan jika konten yang Anda buat dibaca dan dibagikan sebanyak ribuan kali. Ini menandakan bahwa sesuatu yang Anda tawarkan disukai oleh banyak orang. Anda rutin mengecek statistik untuk melihat seberapa besar angka dari konten yang dibagikan tersebut. Semakin besar angkanya, biasanya semakin baik hasil yang diraih.

Dari riset yang dilakukan oleh BuzzSumo dan Moz terhadap jutaan artikel di internet, mereka menemukan kalau setengah artikel yang sudah dipublikasikan hanya dibagi kurang dari delapan kali. Lalu, bagaimana sebenarnya menggarap konten agar mudah dibagikan oleh orang banyak? Seperti tulisan yang dilansir dari Entrepreneur.com, berikut 6 langkah muda membuat konten yang mudah dibagikan:

1. Hanyak Publikasikan Konten yang Benar-Benar Layak untuk Dibagikan
Jika Anda tidak membuat sesuatu yang benar-benar berguna atau menarik, promo sebesar apapun akan terasa percuma bahkan sia-sia belaka. Mengapa demikian? Jika Anda telah melakukan promo yang cukup, orang-orang tentu akan melihat isi konten Anda. Saat mereka engage dengan konten tersebut dan menemukan apa yang Anda buat biasa-biasa saja, maka Anda hanya akan membuat kesan yang buruk. Jika Anda hanya mempromosikan konten yang lemah, Anda hanya membuat konsumen pergi.


2. Gunakan Gambar
Saat berbicara soal berbagi konten, biasanya kita akan berbicara soal media sosial dan media sosial menyenangi gambar. Contohnya, jika Anda mem-posting konten di Facebook disertai dengan gambar, maka posting-an tersebut bisa terhubung 2,3 kali lebih besar jika dibandingkan sebuah post tanpa gambar. Setidaknya dalam satu konten Anda memiliki gambar sehingga terlihat baik di media sosial.


3. Gunakan Plugin Berbagi
Plugin mungkin lebih berpengaruh untuk para blogger, tapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk memanfaatkannya dengan memunculkan plugin berbagi di tiap konten yang Anda buat.


4. Sebut Nama Seseorang Dalam Konten yang Anda Buat
Istilah ini disebut dengan influencer marketing, yang mana merupakan cara untuk mempromosikan usaha Anda melalui orang lain. Tapi, Anda juga bisa mempromosikan konten melalui cara ini dengan menyebutkan nama mereka dalam konten yang Anda buat. Ini membuat konten tersebut lebih kredibel. Dengan mengutip seorang ahli bisa membuat konten tersebut terlihat lebih berisi.


5. Tulis Headline yang Menarik
Faktanya, orang-orang tidak akan membaca isi konten Anda meski sudah mereka bagikan. Yang menjadi penentu adalah headline yang menarik. Biasanya, judul-judul yang menarik atau bahkan provokatif akan lebih banyak dibagikan.


6. Ajak Orang Lain untuk Berbagi Konten yang Anda Buat
Saat mendengar poin terakhir, mungkin Anda berpikir kalau cara ini tidak akan berhasil. Tapi Anda tidak akan tahu jika belum dicoba. Banyak konten lebih banyak dibagikan saat para pembuat konten tersebut meminta para follower-nya untuk membagikan konten tersebut. 


Sumber : ayopreneur

Komentar

Postingan Populer