Creative Entrepreneur : 5 Cara Mudah Temukan Peluang Bisnis di Internet

Di era teknologi informasi seperti sekarang, membuat sebuah website menjadi kunci utama agar sebuah bisnis bisa ditemukan calon pelanggannya secara online.
Namun bukan berarti bila telah membuat sebuah website, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya. Perlu usaha lebih dan menarik agar calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi website bisnis Anda.
Seperti berita yang dilansir dari Selular.id, ada beberapa langkah sederhana untuk membuat website Anda dilirk konsumen dan menemukan peluang bisnis di internet:

1.Optimasikan Search Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara penting yang dapat membantu meningkatkan traffic website. SEO merupakan cara dimana kita dapat menggunakan kata kunci secara strategis pada konten website untuk memastikan website Anda bisa ditemukan oleh orang yang melakukan pencarian melalui mesin pencari. Memasukkan kata kunci atau frasa yang relevan sangatlah penting, sehingga ketika pengunjung mencari sesuatu yang berkaitan dengan brand, mesin pencari akan mengarahkan mereka ke website Anda. Hal penting lainnya adalah Anda sebaiknya tidak menggunakan kata kunci yang terlalu sering dipakai atau sebaliknya jarang sekali dipakai. Mungkin ini terkesan rumit, tapi menerapkan prinsip dasar program SEO ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru secara online.

2. Optimasi untuk Perangkat Mobile
Perkembangan smartphone dan tablet membuat pencarian melalui perangkat mobile pun meningkat tajam. Traffic mobile meningkat pesat seiring masyarakat menggunakan perangkat mobile tidak hanya untuk mencari informasi, tetapi juga melakukan pembelian. Survei yang dilakukan Mastercard  tahun 2015 menemukan bahwa 55,5% dari pengguna perangkat mobile di Indonesia melakukan pembelian secara mobile. Jika website Anda belum teroptimasi perangkat  mobile, Anda berpotensi kehilangan pelanggan dan penjualan, serta membuat Anda terdepak dari bisnis. Penggunaan perangkat mobile yang didukung oleh jaringan perusahaan telepon memungkinkan pencarian lokal lebih mudah.

3. Media Sosial
Website merupakan identitas online utama bisnis Anda dan media sosial menjadi cara terbaik untuk mendorong traffic ke website tersebut. Perpaduan media sosial dan website adalah salah satu pilihan cerdas untuk terhubung dengan pelanggan baru, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan lama. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan media sosial, perlu diingat bahwa setiap bisnis punya karakter yang berbeda. Anda perlu memetakan media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. Contohnya, Pinterest menjadi pilihan yang baik untuk mendorong traffic ke satu halaman produk, sedangkan Facebook akan cocok digunakan sebagai sarana berinteraksi dengan pelanggan dan membangun budaya brand Anda.

4. Situs Review
Banyak dari pelaku usaha kecil kehilangan kesempatan besar karena tidak memiliki akun di situs ulasan atau review. Saat ini banyak dari pelanggan yang mencari ulasan mengenai produk atau layanan sebelum melakukan pembelian. Dengan demikian, situs-situs ulasan ini menjadi sangat berpengaruh atas pelaku bisnis karena calon pelanggan akan memerhatikan ulasan yang diberikan oleh pelanggan lain. Jika pelanggan menuliskan ulasan positif, bisnis Anda akan sangat diuntungkan. Namun, jika ulasannya negatif, akan sangat memengaruhi preferensi pelanggan. Bisa dikatakan, ini merupakan pemasaran dari mulut ke mulut atau word-of-mouth jenis baru.


5. Informasi yang Lengkap
Jika Anda sudah melakukan semua cara yang disebutkan di atas, namun tidak mencantumkan informasi kontak, lokasi dan jam operasi, pengunjung mungkin akan kebingungan. Anda mungkin sudah membuat halaman kontak yang menyediakan kotak pesan agar pelanggan bisa menghubungi Anda. Namun, memasang informasi kontak seperti alamat, jam operasional, nomor telepon, email, dan fax di setiap halaman akan lebih memudahkan pengunjung. Informasi kontak ini bisa diletakkan di tengah atas atau di bagian bawah website Anda.

Sumber : ayopreneur

Komentar

Postingan Populer