Creative Entrepreneur : Rahasia Tingkatkan Keuntungan di Bisnis Kuliner

Bagi Anda yang tengah merintis bisnis kuliner, pernah berpikir mengapa bisnis Anda serasa jalan di tempat. Bisnis Anda tidak merugi, tapi juga tidak memberikan hasil yang signifikan.
Agar keuntungan binis kuliner meningkat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Diambil dari buku 54 Peluang Usaha Makanan dan Minuman karya Reni Y., ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut penjelasannya:

1. Inovasi
Dalam usaha kuliner, Anda pasti memiliki menu andalan. Menu tersebut yang membuat para pelanggan tertarik. Akan tetapi, memiliki sebuah menu andalan saja tidak cukup untuk menambah keuntungan. Buatlah menu-menu baru yang inovatif. Pikirkan menu baru yang sekiranya dapat menjadi favorit, selain menu andalan Anda. Dengan begitu, keuntungan usaha Anda pasti meningkat.

2. Pelayanan yang Memuaskan
Meski bisnis kuliner Anda tergolong usaha kecil, tetap harus dijalankan secara profesional. Berikan pelayanan terbaik pada setiap pembeli yang datang. Jangan biarkan pelanggan menunggu lama meski sedang ramai sekali pun. Pilih karyawan yang terampil, cekatan, ramah, dan dapat melayani pembeli dengan baik. Jika konsumen Anda puas, mereka dapat menjadi pelanggan setia lalu merekomendasikan kuliner Anda ke keluarga maupun kerabatnya.

3. Jaga Kebersihan dan Kenyamanan
Kebersihan sangat penting bagi usaha kuliner. Tempat, perlengkapan, peralatan, serta makanan dan minuman Anda harus terjaga kebersihannya. Tak hanya itu, kebersihan dan kerapian pelayan di tempat Anda juga harus diperhatikan agar pelanggan nyaman saat berkunjung. Jika suasananya nyaman dan bersih, ditambah pelayanan yang rapi dan baik, tentu pelanggan tidak segan untuk datang kembali.

4. Kerja Keras dan Kreatif
Usaha kuliner yang maju pesat dapat diwujudkan jika Anda berusaha dan selalu bekerja keras. Tak hanya itu, Anda juga harus memiliki kreativitas. Galilah kreativitas Anda dan ciptakan inovasi-inovasi baru. Jangan ragu untuk mencoba mengembangkan usaha Anda dan menambah menu-menu baru yang menarik untuk dicoba. (mb/fb)


sumber : ayopreneur

Komentar

Postingan Populer