Creative Entrepreneur : Trik Gaet Artis untuk Endorse Produk Anda

“Sist, mau endorse baju atau produk yang aku jual boleh?”
Hayo, siapa yang pernah melihat kutipan kalimat tersebut di sosial media artis. Jawabannya pasti “pernah”.

Dewasa ini, dalam dunia bisnis, terutama yang berhubungan dengan fashion, gaya hidup, atau kecantikan, pasti ingin produk atau jasanya digunakan oleh artis terkenal sehingga membuat bisnis tersebut sukses. Sebuah kicauan di Twitter atau postingfoto di Instagram para artis bisa menaikkan kesempatan penjualan dan brand awareness menjadi lebih baik lagi. Tapi, sangat sulit untuk menggaet artis agar mau atau setuju di-endorse oleh produk atau jasa bisnis Anda. Apalagi jika Anda tidak memiliki koneksi tepat. Untuk itu, berikut beberapa trik untuk menggaet artis agar mau di-endorse oleh produk atau jasa dari bisnis Anda:

1. Jika Anda tidak memiliki dana yang besar untuk membayar para artis agar mau mempromosikan bisnis Anda, maka usahakan Anda mau memberikan persentasi keuntungan yang diterima dari barang yang dipromosikan tadi.

2. Kalau Anda rasa artis yang sudah terkenal masih saja sulit untuk diajak kerjasama, maka Anda bisa memilih para artis sosial media atau blogger yang tengah ramai dibicarakan saat ini.

3. Bila seorang artis sudah setuju untuk Anda endorse, pastikan jika barang yang dikirim untuk mereka dibungkus dalam keadaan yang rapi. Selain itu, janganlah bersikap pelit, berikan mereka sesuatu yang lebih di paket tersebut atau mengirim lebih dari satu paket yang ditujukan untuk si artis beserta timnya. Bisa juga Anda membungkus paket tersebut dengan sesuatu yang menggambarkan kepribadian atau personalitas si artis. Pastikan hal-hal tadi sesuai dengan budget Anda.

4. Masih berbicara soal paket, pastikan Anda memberi catatan kecil di paket tersebut. Anda bisa mencantumkan kontak yang jelas atau kartu nama agar sang artis atau manager-nya bisa menghubungi Anda.

5. Bersikap yang sopan dan sabar. Setelah mereka setuju untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis Anda, maka jangan langsung membombardir sang artis atau manager dengan pertanyaan, "Kapan produk saya akan tayang?"

6. Jika sang artis tengah mengunjungi butik ataus restoran Anda, maka tanya mereka secara baik-baik apakah mau menyebut nama bisnis Anda di laman media sosial mereka.

sumber : ayopreneur


Komentar

Postingan Populer