Creative Parenting : 6 Aktivitas Meningkatkan Sosialisasi Anak

Sebelum anak kita bersekolah, biasanya orangtua akan mengamati kemampuan sosialisasi anaknya. Apakah mereka sudah bisa untuk berkomunikasi baik dengan orang lain atau belum. Ada sejumlah cara untuk mengajarkan dan mengasah kemampuan anak bersosialisasi. Bisa melalui permainan atau langsung melibatkan mereka dalam pergaulan dengan anak-anak lainnya. Coba lakukan enam aktivitas berikut untuk mengajarkan mereka kemampuan bersosialisasi:

1. Lakukan lomba menatap orang lain
Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari memandang orang lain tepat di mata mereka. Cara ini akan menyampaikan pesan bahwa kita mendengarkan dan peduli tentang apa yang mereka katakan. Tindakan ini akan sulit dilakukan jika kita tidak berlatih sejak kecil. Untuk melatih anak bisa berbincang dengan orang lain dengan menatap langsung ke mata lawan bicara, lakukan permainan lomba saling menatap dengan Anda. Cara ini bisa mengajarkan pada mereka bagaimana mempertahankan pandangan orang lain.

2. Bergabung dengan playgroup
Temukan playgroup dekat rumah, dan masukkan anak Anda ke playgroup tersebut sehingga mereka bisa mendapatkan kesempatan bermain dengan anak lain. Dorong mereka untuk memperkenalkan diri sendiri dan pastikan anak Anda bisa bermain bersama. 

3. Kelompok olahraga
Sangat menakjubkan seberapa banyak yang bisa dipelajari anak dari sekadar permainan olahraga sederhana. Olahraga mengajarkan anak bagaimana menjadi pemenang yang baik sekaligus bisa menerima kekalahan. Olahraga juga mengajarkan tentang kerja sama dan kompetisi, kemampuan yang akan selalu mereka perlukan. 

4. Permainan peran
Anak sangat suka dengan permainan peran. Sediakan waktu dengan anak, dan lakukan permainan pura-puranya kalian berada di supermarket, bioskop, atau tempat lain. Mereka akan berpikir cara ini menyenangkan dan mereka bisa belajar berkomunikasi berdasarkan skenario yang Anda buat. 

5. Membangun sesuatu
Tak peduli Anda menggunakan kayu atau balok apa pun, kerjakan bersama anak balita Anda untuk membangun sesuatu entah bangunan apa, dari situ ia akan mengembangkan kemampuan sosialnya, bekerja sama, dan bernegosiasi. Pastikan ia akan mendengarkan ide Anda dan sama-sama berkomunikasi untuk menciptakan sesuatu.

6. Ekspresi wajah
Kemampuan sosial yang baik berkaitan dengan kemampuan untuk membaca dan memahami perasaan orang lain. Berlatihlah melakukan sejumlah ekspresi wajah dengan membuka majalah atau buku bergambar dengan anak balita Anda. Kemudian berhentilah di salah satu foto orang dan minta dia untuk mengidentifikasi atau menebak suasana hati orang di foto tersebut.



sumber : www.beritasatu.com

Komentar

Postingan Populer