Creative Weekend : Permainan Merawat Diri Bersama Anak

Sudah menjadi tugas bagi para orangtua membentuk dan memperkuat anak-anak dari sejak dini agar kebiasaan hidup sehat menjadi bagian dari diri mereka. Perawatan pribadi ini dapat orangtua dan guru ajarkan melalui kegiatan yang menyenangkan. Misalnya saja dengan permainan, kerajinan, dan lagu, di rumah atau di lingkungan sekolah.

Menyikat Gigi
Buatlah telur percobaan, di mana telur direndam dalam cuka sampai kulitnya menjadi lembut dan berwarna kuning. Atau, anak-anak bisa menyodok sebuah apel hingga berlubang dan biarkan selama beberapa lama hingga kulit dan daging apel menjadi kecoklatan.
Ini untuk memberitahu kepada anak bahwa gigi juga akan mengalami hal yang sama jika tidak rajin dibersihkan. Ajarkan juga kepada anak bagaimana menyikat gigi yang benar dan kapan seharusnya anak menyikat giginya. Dengan begitu, menyikat gigi bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi anak.

Mencuci tangan
Mencuci tangan merupakan salah satu unsur kebersihan yang tidak boleh dilewatkan anak-anak. Lakukan permainan dengan mengoleskan glitter ke tangan anak. Lalu minta mereka untuk mencuci tangannya dan periksa seluruh permukaan tangan apakah masih ada glitter yang menempel di sana.
Permainan ini akan membantu anak memvisualisasikan daerah yang kotor dan fokus membersihkan setiap bagian dari tangan mereka. Saat anak mencuci tangannya, jelaskan kepada mereka bahwa mencuci tangan sangatlah penting, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet (buang air besar dan kecil), menutup mulut ketika batuk atau bersin, atau memegang sesuatu yang kotor.

Menyisir Rambut
Minta anak menggambar wajah mereka pada piring kertas dan beri mereka benang untuk menambahkan bagian rambut gambar wajahnya. Sambil menunggu lem mengering, diskusikan dengan mereka tentang apa yang akan terjadi jika mereka tidak merawat rambut.
Ajarkan anak bagaimana menggunakan sisir dan menyisir rambut dengan lembut sehingga rambut tidak tertarik atau terluka. Beri mereka sisir lembut untuk berlatih.
Pastikan tiap anak memiliki sisirnya sendiri dan jelaskan mengapa mereka tidak boleh berbagi sisir dengan teman lainnya.

Kebersihan untuk Anak yang Lebih Tua
Sesuaikan masalah kebersihan tubuh anak Anda dengan usianya, Jika anak Anda sudah menginjak remaja, jangan lupa untuk mengajarkan mereka beberapa hal berikut ini. Yaitu, agar mereka menggunakan deodoran ketika akan bepergian, mencuci wajah mereka setiap pagi dan sebelum tidur, dan menjaga kaki tetap kering.
Biasanya, menjelang remaja, tubuh mereka mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon inilah yang menyebabkan beberapa hal dalam diri mereka berubah. Misalnya, badan menjadi lebih mudah bau atau wajah berjerawat atau berminyak.

Sumber : ijn.co.id

Komentar

Postingan Populer