Creative Weekend : Ide Bermain di Kala Hujan

Memasuki musim hujan, tentunya aktivitas dan ragam permainan anak di luar ruangan menjadi terbatas. Sering kali orangtua bingung akan variasi jenis permainan yang bisa dilakukan anak di dalam rumah, sehingga akhirnya anak hanya menghabiskan waktu bermainnya dengan menonton televisi dan bermain game. AHal ini apabila dibiarkan terus-menerus tentu bisa membuat anak menjadi ketagihan dan malas untuk melakukan kegiatan atau aktivitas lainnya. Untuk itu, orangtua sebaiknya kreatif untuk mengajak anak melakukan berbagai jenis permainan anak yang menarik walaupun hanya di dalam ruangan. Berikut ini beberapa jenis permainan seru yang bisa Anda coba lakukan bersama anak di saat cuaca sedang tidak bersahabat.

HandBody Painting
Melukis adalah salah satu kegiatan favorit anak-anak. Hampir seluruh sekolah anak memiliki kegiatan ini dalam kurikulumnya. Nah, agar kegiatan melukis di rumah menjadi unik dan berbeda, coba kenalkan kegiatan body painting pada anak. AjakSuruh mereka melukis tidak menggunakan kuas, tetapi menggunakan telapak tangan mereka. Anda bisa mencari jenis cat yang memang aman untuk kulit anak, atau membuatnya sendiri dengan tepung kanji dan sedikit pewarna makanan.

Membuat Tenda
Ajak anak untuk berkemah di dalam rumah. Ajari mereka cara membuat tenda sederhana dengan menggunakan selimut dan peralatan yang ada di kamarnya. Buat juga skenario permainan yang seru seolah-olah mereka berkemah di hutan dengan memanfaatkan lampu meja yang redup serta memilih musik bertema petualangan yang pas.

Membuat Kue
Anak-anak pastinya akan senang jika Anda ajak untuk ikut membuat kue. Ajari mereka langkah-langkah sederhana membuat kue mulai dari mengaduk adonan, mencetak, hingga menghias kue sesuai dengan keinginan mereka. Abadikan hasil karya mereka dengan mengambil foto kue yang sudah jadi.

Origami
Kegiatan seni melipat kertas dari jepang bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi waktu saat hujan. Sediakan beragam kertas warna-warni, lalu buat beragam bentuk menarik darinya. Pajang hasil karya mereka di ruang keluarga atau kamarnya. Anak juga bis membuat kapal kertas yang kemudian bisa ia meinkan di genangan air sisa hujan di depan rumah.
Selain mempersiapkan beragam jenis permainan anak yang kreatif di rumah, ada baiknya Anda juga menjaga kesehatan anak Anda di saat musim hujan tiba. Berikan asupan gizi yang cukup dan lindungi tubuhnya dari cuaca dingin serta hujan dengan mempersiapkan pakaian hangat untuknya ke sekolah.

http://rainydaymum.co.uk/101-ideas-for-a-rainy-summers-day

Komentar

Postingan Populer