Creative Weekend: Ajak anak ke bioskop pertama kali? Why not.

Film bertema anak-anak mulai bermunculan di bioskop-bioskop, baik dalam bentuk animasi, drama keluarga sampai musical. Bagi sebagian orangtua, mengajak buah hati untuk menonton film favorit mereka, menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Kekhawatiran inilah yang memicu orangtua untuk mengalihkan kegiatan di akhir pekan dengan kegiatan lain seperti menghabiskan waktu untuk berkeliling di pusat perbelanjaan. Padahal banyak pelajaran yang dapat diporoleh anak dengan menonton film favorit mereka, loh. Jangan khawatir Moms, ada tips buat para Moms yang ingin mengajak anaknya pertama kali ke bioskop:

Menentukan apakah Moms bener-bener siap
menonton film adalah kegiatan audio visual yang membutuhkan konsentrasi khusus untuk memahami setiap jalan cerita dalam film untuk mengambil makna. Pastikan anak Moms siap memahami rules ketika sedang menonton di bioskop seperti tidak terlalu keras ketika bersuara atau tetap tenang duduk di kursi hingga film usai. Tidak lupa untuk memberikan arahan untuk tetap bersikap sopan kepada orang lain disekitarnya dan untuk menumbuhkan keperdulian dan empati kepada anak. Siapkan makanan dan minuman favorit anak untuk menghindari rasa bosan pada anak.

Pilih film yang tepat
Jika ini menjadi film pertama bagi si kecil, berikan ia kebebasan memilih film yang ia sukai. tetap berikan arahan untuk memilah dan memilih mana film yang sesuai untuk anak seusianya. pastikan Moms sudah membaca sinopsisnya terlebih dahulu untuk menghindari kesahalahan dalam pemilihan film untuk anak.  Beware Moms

Bertukar pikiran
Ajukan beberapa pertanyaan seputar adegan dalam film untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anak mengenai makna film dan untuk mengantisipasi adanya kesalahan persepsi anak dalam pemaknaan film.  Nah, tunggu apalagi, ayo rencanakan kegiatan menonton bersama anak.



 sumber: berbagai sumber

Komentar

Postingan Populer