Creative entrepreneur : Cara Terbaik “Menjual Diri” Sebagai Entrepreneur

Menciptakan personal branding bagi seorang entrepreneur adalah salah satu aspek penting karena itulah cara terbaik untuk menunjukkan bakat, kemampuan, layanan atau keahlian kepada orang lain atau pelanggan anda. Namun ada kalanya kita jadi tidak nyaman saat harus mempromosikan diri, karena bila dilakukan dengan cara yang tidak tepat, hal tersebut malah akan dianggap sebagai tindakan menyombongkan diri. Lalu bagaimana cara terbaik ‘menjual’ diri anda tanpa harus tampak seperti menyombongkan diri di mata orang lain?

Jadilah Apa Adanya
Ada banyak tokoh yang dapat kita jadikan idola atau panutan dalam mencapai kesuksesan, misalnya seorang motivator atau pengusaha sebagai tempat menimba ilmu atau berbagi pengalaman. Namun saat mempresentasikan diri hendaknya anda jadi diri sendiri, bukan berlaku seperti yang orang lain inginkan.
Akan lebih mudah menemukan dan mengembangkan karakter saat anda berlaku sebagai diri sendiri. Fokus pada kekuatan anda dan tetaplah memakai gaya bahasa sendiri saat berkomunikasi, baik dalam bentuk tulisan atau saat berbincang dengan orang lain. Dengan demikian orang lain akan terkesan pada karakter anda sendiri, bukan pada sosok orang lain yang sedang anda tirukan.

Jangan Berlebihan
Saat mempromosikan diri anda, tetaplah berpegang pada fakta yang ada dan jangan dilebih-lebihkan. Bila semua yang anda sampaikan adalah fakta, maka anda tak perlu repot mengingat-ingat apa saja yang hendak anda kemukakan. Ukurlah kemampuan diri dahulu. Dalam dunia usaha atau pelayanan jasa, anda tidak harus menyebut diri sebagai yang paling ahli atau pakar dalam bidang tersebut, bila memang anda merasa belum ada pada tingkat tersebut.
Mempromosikan diri secara berlebihan justru akan mengundang peluang orang melakukan kritik pada karakter yang ingin anda bangun dan kembangkan. Jadi, Tetaplah berlandaskan pada kemampuan yang ada, sampaikan apa saja prestasi yang telah berhasil anda buat, sampaikan hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk membantu menyelesaikan masalah orang lain. Dengan demikian anda telah mempromosikan diri secara elegan.

Mau Menghargai
Saat berbagi pengalaman tentang sebuah prestasi, jangan ragu untuk memberi penghargaan kepada siapa saja yang terlibat didalamnya. Kemauan untuk menghargai hasil kerja orang lain mencerminkan bahwa anda adalah seorang yang percaya pada kemampuan sendiri, seorang pimpinan yang baik dan seorang rekan kerja yang bisa diandalkan untuk membangun sebuah tim yang baik.


Memberi manfaat
Memberi lebih banyak manfaat dengan keahlian yang dimiliki adalah cara terbaik untuk mempromosikan diri. Membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi melalui keahlian anda adalah cara yang cerdas dan strategis untuk membangun reputasi dan hal tersebut juga akan memastikan bahwa keberadaan anda diterima dengan baik dalam suatu lingkungan.
Saat reputasi baik anda pada satu keahlian telah tercipta, maka akan timbul suatu kepercayaan yang besar dari orang lain atau pelanggan kepada anda. kepercayaan itulah yang dapat anda kelola sebagai sebuah jembatan kesuksesan.


Sumber: ciputraentrepreneurship.com

Komentar

Postingan Populer