Creative Weekend : Kegiatan Positif dan Seru Keluarga saat Weekend

Semua orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Namun kesibukan di kantor, mengurus rumah, dan aktivitas sosial lain, kadang membatasi waktu kita dengan anak-anak. Lalu, cara apa yang bisa dilakukan, agar waktu yang sempit tidak menghalangi bonding, alias ikatan jiwa bersama si kecil?
Dikutip dari Health.com, berikut tiga tips yang dapat dilakukan di waktu sempit, agar anak tidak merasa jauh dari orangtuanya.

Lakukan kegiatan menyenangkan di luar rumah
Dalam seminggu ada tujuh hari, tidak mungkin Anda tidak bisa meluangkan waktu satu hari saja, khusus demi acara keluarga. Ajak anak-anak renang di kolam yang punya banyak wahana air, atau ajak ia memancing seharian. Lakukan aktivitas ini bersama-sama, maka dijamin akan ada banyak percakapan seru, terjadi antara orangtua dan anak, dan bonding akan tercipta.

Ikut `kelas` bersama si kecil
Cari tahu apa minat anak Anda. Jika ia suka memasak, ajak sang buah hati ikut kelas memasak sehari, di mana orangtua diperbolehkan ikut memasak bersama. Jika ia suka melukis, ikut kursus singkat sehari, di mana sebagai orangtua, Anda bisa melukis di sampingnya. Intinya, lakukan kegiatan di kelas informal, yang memerbolehkan Anda ikut serta bersama si kecil. Dijamin pasti seru!

Kerjakan tugas rumah bersama-sama
Alih-alih selalu membebankan tugas bersih-bersih ke asisten rumah tangga, cobalah sesekali mengepel lantai bersama si kecil. Biarkan ia ikut terlibat, dengan memeras kain pel, atau mengambil air ke kamar mandi. Pasang lagu yang ia suka, agar pekerjaan rumah tak terasa beban baginya.

Bisa dipastikan, akan terjadi banyak kelucuan saat ayah-bunda dibantu si kecil membersihkan rumah, dan disinilah ikatan jiwa terbentuk. Pekerjaan yang dipilih tak harus mengepel, bisa saja mencuci mobil, mencuci baju baju bersama, atau kegiatan ringan lain, yang bisa melibatkan si kecil ikut serta. Selamat mencoba.


Source : viva.co.id

Komentar

Postingan Populer