Creative Weekend : Ke Perpustakaan Yuk

Apakah Anda sering mengisi waktu luang dengan mengajak si Kecil jalan-jalan? Anda mungkin mengajaknya jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, wahana bermain dan sebagainya. Bagi Anda yang bingung mau pergi kemana, yuk ajak anak Anda ke perpustakaan.

Mengisi waktu luang tidak harus dengan yang mewah dan mahal. Anda bisa mengajak anak Anda pergi ke perpustakaan. Selain murah, si Kecil yang rutin mengunjungi perpustakaan juga akan mendapatkan banyak manfaat yang tentunya berguna bagi masa depannya.

Kebiasaan baik ini ada baiknya dimulai sejak dini. Bahkan beberapa menyarankan untuk mulai mengajak anak ke perpustakaan sejak ia masih bayi. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan si Kecil yang rutin berkunjung ke perpustakaan, sebagai berikut:

Anak Belajar Menaati Peraturan
Saat mengajak anak ke perpustakaan, tentu ia akan mengenal peraturan yang berlaku di perpustakaan yang tentunya harus ia taati, seperti tidak boleh berbicara dengan suara keras karena dapat mengganggu pengunjung lainnya, mengembalikan buku ke tempat semula setelah selesai membaca, dan sebagainya.

Mendorong Minat Baca Anak
Dengan mengunjungi perpustakaan, si Kecil akan memahami bahwa tempat yang ia kunjungi adalah tempat untuk membaca buku. Ia akan menjumpai banyak pengunjung yang membaca buku. Hal ini dapat mendorongnya melakukan hal yang sama yaitu membaca buku.

Sarana mengajarkan anak membaca
Apabila anak belum bisa membaca, berkunjung ke perpustakaan menjadi kesempatan Anda sebagai orangtua untuk membacakannya cerita dari buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekaligus mengajarkannya membaca.

Meningkatkan kemampuan mendengar dan berinteraksi anak
Beberapa perpustakaan yang menyediakan ruangan khusus anak biasanya melakukan berbagai aktivitas, salah satunya story telling. Si Kecil yang berpartisipasi dalam aktivitas tersebut tentunya akan berbaur dengan pengunjung lain dan hal ini dapat mengasah kemampuan sosialisasi dan interaksi anak. Mendengarkan cerita dalam kegiatan story telling juga dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan imajinasi anak.

Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang dapat meningkatkan minat baca, loh. Dan tahukah Anda bahwa minat baca di Indonesia masih rendah? Menurut data Human Development Index UNDP (United Nations Development Programme) tahun 2010, minat baca di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain, yaitu berada pada peringkat 112 dari 175 negara. Selain itu, UNESCO pada 2012 menyebutkan bahwa indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001 yang artinya dalam setiap 1,000 orang hanya ada satu yang memiliki minat membaca.

Untuk itu, yuk manfaatkan waktu luang Anda untuk mengunjungi perpustakaan bersama si Kecil. Tanamkan kebiasaan baik ini sejak dini sehingga perpustakaan menjadi bagian dari hidup anak kelak.

Source : Ibudanmama.com


Komentar

Postingan Populer