Creative Etrepreneur : 10 Jenis Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Setiap Pengusaha


Menjadi seorang pengusaha tentu harus memiliki meningkatkan banyak keterampilan di berbagai bidang. Bukan hanya menciptakan ide, merumuskan rencana dan menjalankan proses bisnis, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah keterampilan dalam berkomunikasi. Bukan hanya secara lisan tapi juga komunikasi lainnya seperti tertulis.

Sebab sebagai pengusaha, kita akan bertemu dengan banyak orang, banyak pelanggan, banyak relasi bisnis yang akan berkomunikasi dengan kita. Kita harus bekerja keras agar mudah memahami apa yang dimaksudkan mereka. Dan kita pun harus bisa menyampaikan apa yang kita inginkan.
Nah, berikut ini adalah 10 keterampilan komunikasi yang harus dikuasai oleh pengusaha.

1. Komunikasi lisan
Tidak ada percakapan yang sempurna tanpa adanya percakapan secara lisan. Percakapan lisan memang menjadi komunikasi yang sangat sederhana. Paling mudah untuk menyampaikan dan mengerti maksud dari lawan bicara kita. Kita harus tahu tata cara berkomunikasi yang baik sesuai dengan situasi, kondisi dan bahkan lawan bicara kita. Kita bisa mencari cara komunikasi yang efektif dengan pelanggan kita, seperti yang ada di dalam artikel berikut ini.

2. Body Language
Komunikasi bukan hanya terjadi secara verbal, tapi juga ada jenis komunikasi nonverbal, seperti body language. Menguasai presentasi body language adalah sebuah keharusan. Dalam situasi apapun, postur tubuh saat duduk ataupun berdiri tegak. Anda juga bisa melihat bagaimana seseorang itu dari mata mereka. Bagaimana mereka gelisah, tenang dan nyaman dengan kita.

3. Komunikasi tertulis
Menulis, siapa bilang pengusaha sukses tidak harus pandai dalam hal tulis menulis? Selagi menjadi seorang pelaku di bidang bisnis, konten marketing berupa tulisan yang menghipnotis pembaca pun harus kita kuasai. Kita harus tahu dan menguasai keterampilan menulis banyak konten marketing, mulai dari email pemasaran, landing page, blog sampai dengan website.

4. Presentasi
Sebagai pengusaha Anda tentu akan melakukan banyak persentasi baik kepada pelanggan maupun investor bisnis. Melalui slide Anda akan menyampaikan apa maksud dan tujuan Anda berbicara. Melalui slide juga akan ada tulisan dan konten visual yang akan Anda tampilkan dan tunjukkan kepada mereka. Melalui Slide Anda harus bisa menyampaikan maksud secara tepat dan membuat mereka tertarik untuk terus mendengarkan Anda persentasi.

5. Negosiasi
Tidak ada bisnis yang tidak melalui proses negosiasi. Sebab hampir semua bisnis akan melakukan kegiatan ini. Dengan negosiasi Anda tentu bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan tanpa membuat Anda rugi, bahkan justru akan membuat Anda untung. Dengan cara yang efektif, mulai dari menggunakan kata yang tepat, memanfaatkan waktu yang Anda miliki dan menggunakan pengetahuan Anda tentang fakta-fakta yang ada saat ini, akan menambah tingkat kepercayaan diri Anda selama proses negosiasi berlangsung.

6. Mediasi
Tidak jarang ketika kita menjadi pengusaha, peran kta sebagai mediator akan berkurang. Sebab kita lebih diperlukan sebagai seorang converse. Misalnya ketika Anda berada diantara teman yang berdebat pendapat, ataupun sedang berada di antara 2 vendor yang tengah bersaing. Kita harus memiliki kemampuan sebagai mediator dan membantu kedua belah pihak keluar dari masalah mereka.

7. Debat
Kita tahu, dalam bisnis saat ini tidak ada komunikasi yang tidak melibatkan kemampuan berdebat. Ini bisa menjadi diskusi yang sehat jika kedua belah pihak tidak menjalankan peraturan debat dengan baik. Tugas kita dalam debat bukan untuk memihak satu diantara keduanya, tapi untuk memahami kasus dan mendengarkan setiap opini ang jelas. Entah dengan investor, mitra atau bahkan karyawan. Kita dapat membantu mereka menjelaskan ide dengan keterampilan yang kita miliki.

8. Kepemimpinan
Tanggungjawab Anda sebagai seorang pemimpin harus Anda lengkapi dengan keterampilan berkomunikasi layaknya seorang pemimpin. Anda harus bisa menanamkan keyakinan dan kepercayaan serta semangat di dalam tim Anda. Bukan hanya sekedar mengemban tanggungjawab atas tim dan pekerjaan, tapi juga harus bisa menginspirasi orang melalui pesan baik yang Anda sampaikan setiap harinya. Dan jika Anda berada dalam suatu organisasi.

9. Cross Platforming
Komunikasi yang ada saat ini jauh lebih luas dari yang sudah ada. Seperti panggilan telpon, SMS, email, video chatting, pesan instan dan lain sebagainya. Bagaimanapun kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang ada. Berkomunikasi di banyak media atau cross platform tentu membuat kita harus pintar-pintar dan mengatur arah komunikasi kita. Sebab tidak jarang komunikasi melalui telepon, SMS atau pesan instan lainnya akan menciptakan persepsi yang berbeda-beda dari yang menyampaikan dan yang menerimanya.

10. Mendengarkan
Yang terakhir adalah keterampilan komunikasi dari arah yang sebaliknya, yaitu mendengarkan. Sebab komunikasi bukan hanya sekedar kita yang berbicara, tapi juga kita yang menjadi seorang pendengar. Mendengar menjadi keterampilan komunikasi yang paling penting dari semuanya. Mendengarkan secara aktif dapat membantu kita efektif dalam komunikasi, debat, persentasi dan lain sebagainya. Kita akan tampak lebih bijaksana, berempati dan membuat orang mau mendengarkan kita ketika kita berbicara nantinya.


Nah, setidaknya 10 keteramilan komunikasi inilah yang harus dikuasai oleh para pengusaha. Sebab sebagai pengusaha kita akan berhadap bukan hanya dengan karyawan, tapi juga dengan relasi, klien bahkan investor. Jika kita memang menjadi seorang yang pendiam atau cenderung introvert, tapi kita tidak boleh menutup diri untu mengembangkan keterampilan komunikasi kita. Berlatih berkomunikasi dengan banyak pengusaha sukses adalah cara yang bisa kita lakukan. Berkumpul dengan para pelaku dunia bisnis, berbagi pengalaman, sharing ide dan lain sebagainya. Mengasah komunikasi agar lebih baik ketika berhadapan dengan klien atau investor nantinya.

Source :Mebiso.com

Komentar

Postingan Populer