Creative Parenting : Cyber Bullying pada Anak

Selain membawa banyak dampak positif, perkembangan teknologi juga dapat berpotensi memunculkan cyber bullying bagi anak. Cyber bullying merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan intimidasi yang dilakukan satu orang atau lebih menggunakan internet yang dapat mengakibatkan rasa malu pada seseorang. Sepert beragam bullying lainnya, jenis bullying yang satu ini juga memiliki dampak buruk bagi korban bullying itu sendiri. Utamanya jika si korban masih anak-anak.

Cyber bullying dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari sekedar tulisan, gambar, pembuatan atau pengeditan video yang memojokkan seseorang. Cyber bullying  dapat dikirimkan secara pribadi melalui email hingga ke berbagai media sosial. Oiya, meski terdengar agak aneh, namun ternyata virus termasuk salah satu jenis cyber bullying. Dikatakan demikian karena virus yang secara sengaja disebarkan dapat menyebabkan kerusakan pada komputer hingga menghapus informasi penting seseorang. Parahnya lagi penyalahgunaan informasi pribadi ini dapat mendatangkan kerugian bagi korbannya.

Untuk mengindentifikasi apakah anak anda korban dari  Cyberbullying, secara mudah anda dapat membayangkan akibat dan ciri-ciri dari penjelasan tentang bullying di awal. Anda dapat bayangkan bagaimana jika anak anda adalah korban, mereka akan cenderung menarik diri dari lingkungan sosial baik itu lingkungan keluarga hingga sekitarnya. Tanda kedua yakni emosi anak yang cenderung lebih banyak murung dan bersedih parahnya jika tidak ada komunikasi dengan si orang tua. Tanda ketiga cenderung enggan untuk kembali sekolah atau kegiatan sosial. Selain itu, tanda lainnya cenderung menunjukkan emosi-emosi negatif seperti sedih, marah, frustasi dan khawatir, prestasi belajar pun semakin menurun dari hari ke hari, serta kurang tidur dan kurang nafsu makan.

Bagaimana cara mengatasi cyber bullying pada anak kita? Temukan jawabannya dalam parenting talkshow RISING CHILDREN IN DIGITAL ERA  pada :
Hari/Tanggal     : Sabtu, 19 September 2015
Waktu              : 09.00 – 11.30 WIB
Tema Talkshow : “RISING CHILDREN IN DIGITAL ERA”
Tempat            : Auditorium Getsemani Stella Maris School Gading Serpong  (Vatican Cluster, sector 8A, Gading Serpong – Tangerang)
Pembicara        : Elizabeth T. Santosa, M.Psi (Psikolog anak dan keluarga)


Ayo datang! Parenting Talkshow ini TERBUKA UNTUK UMUM & FREE!
For Reservation Contact : 0859 6673 1535 / PIN BB : 7D14B419

Komentar

Postingan Populer