Creative Parenting : Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur


Beberapa orang tua sering sekali mengeluh dengan anaknya yang susah tidur dimalam hari. Bahkan tak jarang orang tua juga harus ikut bergadang demi menemani anaknya bermain.
Hal ini tentu saja menjadi masalah bagi kebanyakan orang tua apalagi bagi mereka yang mempunyai kegiatan dikeesokan harinya. Jika hal ini terjadi pada Anda, tak ada salahnya mencoba cara-cara di bawah ini:

Atur Pola Tidur Anak
Susah tidur malam yang dialami oleh anak bisa saja terjadi karena faktor kebiasaan. Membiarkan anak Anda selama ini tidur terlalu malam dengan menemani dia bermain adalah sama dengan membiasakannya untuk tidur larut. Hal ini lah yang sebaiknya Anda ubah dengan mengatur pola dan jadwal tidurnya. Hal yang mungkin dapat Anda lakukan adalah tidak membiarkan anak Anda tidur siang terlalu lama.

Tidur siang memang baik untuk buah hati Anda, Tapi jika Anda membiarkannya tidur terlalu lama di siang hari, sama halnya dengan membiarkannya untuk tidur larut di malam hari. Di sarankan untuk membiarkan anak tidur cukup hanya 2 jam saja di siang hari.

Setiap anak membutuhkan yang namanya tidur siang guna memberikan energi padanya. Anak yang tak terbiasa dengan tidur siang, biasanya cenderung mengantuk disore hari sehingga memutuskan tidur disore hari dan bangun di malam hari. Ketika mereka terbangun, tak jarang mereka tak dapat tidur kembali. Untuk itu, Anda sebagai orang tua juga harus memberikan waktu tidur siang untuk sang buah hati dan jangan membiarkannya tidur disore hari.

Pastikan Perut Tidak Kosong
Ketika perut seseorang kosong, pasti orang tersebut akan gelisah. Hal ini jugalah yang dapat menjadi faktor anak anda susah tidur dimalam hari. Untuk itu, selalu pastikan anak Anda sudah makam malam. Ketika perut anak Kenyang biasanya mereka juga menjadi lebih mudah tertidur.

Pastikan badan anak sudah bersih dan nyaman
Sebelum anak tidur pastikan kalau kondisi tubuh anak bersih, posisi tidurnya nyaman, serta tempat tidurnya bersih. Dengan tujuan agar anak nyaman ketika akan tidur, serta jangan lupa atur suhu kamar anak anda, jangan terlalu dingin atau terlalu panas. Kalau cuacanya sedang dingin saat tidur diselimuti biar hangat.

Buatlah ritual sebelum tidur kepada anak
Maksudnya disini yaitu biasakan hal-hal menarik agar anak bisa enak dan nyaman saat akan tidur. Misal jam 8 malam anda sudah mulai mengajak bercakap-cakap dengan anak di kamar tidur, kemudian menyanyikan lagu anak, atau membacakan buku cerita.

Pura-puralah tertidur di samping anak
Apabila anak dimalam hari susah untuk tidur dan masih ingin mengajak ngobrol atau bermain, bisa anda praktekkan cara ini yaitu dengan berpura-pura tertidur, dengan demikian anak lama kelamaan akan ikut tertidur, cara mengatasi anak susah tidur ini paling sering diterapkan oleh banyak orang tua.


Komentar

Postingan Populer