Creative Entrepreneur : Sukses Bangun Bisnis Online

Dunia internet yang memiliki banyak peluang usaha dapat dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengadukan nasibnya di internet. Sehingga membuat banyak orang beralih ke internet untuk membuka usahanya dan memasarkannya.

Berbicara mengenai bisnis online tidak akan pernah ada habisnya, karena memang sangat banyak jenis bisnis online dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar. Bisnis online merupakan primadona bagi sebagian orang yang tau potensi pasar dan potensi penghasilan yang bisa diraup dari internet.

Pasar yang begitu besar merupakan potensi yang bisa kita lirik untuk menekuni bisnis online. Berikut ini merupakan tips sukses menjadi pebisnis online :

Mencari pengalaman
Sebelum Anda memulai berbisnis sebaiknya Anda mencari referensi dan mengevaluasi diri untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara berbisnis online yang benar, hal ini diperlukan agar memiliki pengalaman, keterampilan untuk memperoleh modal dan keuntungan.

Memikirkan peluang usaha
Ketika Anda sudah memutuskan untuk melakukan bisnis online, Anda perlu menganalisis peluang pasar, perhatikan ketertarikan yang banyak diminati oleh banyak orang, jika Anda sudah mengetahui tentang peluang pasar, Anda memiliki peluang sukses yang besar.

Menyusun konsep bisnis
Meraih kesuksesan diperlukan aturan dan motivasi yang tinggi dalam usaha, buatlah beberapa konsep untuk kemajuan usaha Anda, gunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) sebagai visi misi dalam usaha anda.

Promosikan di media sosial
Gunakan sosial media sebagai alat promosi, cara ini paling ampuh untuk menarik minat pelanggan untuk mengunjungi situs Anda, sosial media harus memiliki banyak jaringan dan relasi antara orang lainnya.

Kualitas
Anda bisa menjual produk dengan kualitas bagus sehingga banyak orang yang melirik produk anda. Kwalitas baik ini memang tidak bisa dibuktikan secara langsung karena cara berjualan ini secara online sehingga untuk menguatkan bahwa kualitas barang anda bagus, anda bisa membuat artikel pendukung tentang keunggulan produk yang anda jual.

Pendapat konsumen
Anda bisa memasang pendapat dari beberapa konsumen anda yang telah menggunakan produk yang  anda jual di media sosial. Pendapat dari mereka bisa menjadi promosi untuk orang lain atau pembaca lainnya.

Senantiasa bersikap profesional & ramah pada konsumen
Tidak Sedikit bakul online shop yg selanjutnya jadi angkuh & tak ramah pada calon customer, akibatnya calon pengguna seterusnya tak menjadi membeli produk dari toko online tersebut, & mencari online shop lain yang menjual produk yang sama.

Kepercayaan
Trust adalah kunci utama dalam bisnis satu ini. Tidak banyak orang yang ingin mempertaruhkan yang mereka untuk membeli barang di online shop yang belum dikenal. Maka dari itu kepercayaan harus tetap diprioritaskan  agar konsumen tidak lari ke orang lain.

Jangan Bikin Situs Toko Online Dengan Sistem Belanja yang Ribet
Sebagian besar pebelanja online di Indonesia semuanya lebih senang berbelanja di situs yang tidak rumit. Rumit dalam artian tidak harus mengklik sana-sini dalam prosesnya memesan produk.
Mudahkan sistem belanja mereka. Apalagi kalau anda bersedia menerima telepon. Sebagian besar konsumen online di Indonesia akan lebih senang bila bisa bicara langsung dengan anda, SMS-an, BBM-an, Whatsapp, Line atau aplikasi chatting lainnya.

Foto Berkualitas: Wajib Hukumnya!
Iadalah salah satu faktor yang membuat toko online mudah diingat dan makin disukai para pembeli. Upload foto-foto produk dengan kualitas yang baik dari berbagai sisi. Ini sangat memudahkan pembeli untuk melihat produk anda secara detail.
Coba bayangkan, foto-foto ini adalah satu-satunya interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yang akan dibelinya. Apakah anda tega membiarkan calon pembeli anda cuma melihat bagian depan produk anda saja (itupun fotonya kabur)?
Lebih seriuslah dalam hal foto produk ini. Kalau bisa, gunakan kamera DSLR untuk mendapatkan ketajaman gambar yang maksimal. Bila kamera SLR terasa berat (baik dari segi harga maupun kameranya yang memang berat juga), anda bisa menggunakan kamera pocket tapi dibantu dengan pencahayaan lampu tambahan. Anda bisa menggunakan dua lampu belajar untuk membantu pencahayaan foto produk anda.

Layanan yang Cepat dan Tanggap
Kecepatan dalam melayani pembeli adalah salah satu faktor yang menentukan dalam hal kualitas pelayanan. Jangan biarkan pembeli anda kelamaan menunggu balasan SMS anda. Inilah resiko yang harus anda tanggung sendiri ketika anda belum memiliki karyawan di toko online anda. Anda dan handphone anda harus melayani pembeli dari Sabang sampai Merauke! Ingat satu hal: minat calon pembeli terhadap produk yang akan dibelinya bisa menurun (dan bahkan hilang) bila anda kelamaan menjawab SMS pemesanannya.

Jangan Bekerja Sendiri
Satu faktor yang membuat penjualan meningkat pesat dari waktu ke waktu adalah adanya reseller. Reseller adalah pihak-pihak yang menjual kembali produk anda kepada orang lain. Jadi anda perlu memberi diskon khusus untuk para reseller yang akan mereka jadikan selisih untuk keuntungan/laba mereka. Buatlah sebuah halaman di toko online anda yang berisi perjanjian dengan reseller. Tentukan diskon atau mungkin komisi yang bisa anda berikan kepada mereka berdasarkan jumlah barang tertentu. Langkah selanjutnya adalah bina hubungan baik dengan para reseller tersebut dan jangan pernah mengecewakan mereka. Perlakukan mereka sebagai rekan bisnis dimana ada hubungan saling membutuhkan, karena tanpa reseller anda akan kesulitan dalam usaha menjangkau pasar yang luas seorang diri.

Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet
Toko online adalah toko yang letaknya di internet. Seperti halnya bila anda menyewa lapak di mall, anda harus kenali mall tersebut dengan baik. Anda harus mempelajari dari pintu mall bagian mana kebanyakan potensi pembeli produk anda masuk. Anda harus mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall sudah cukup strategis untuk jenis barang yang anda jual. Demikian pula halnya di internet. Di internet, anda harus belajar di mana para calon pembeli anda sering nongkrong. Apakah di forum, media-media sosial, atau kebanyakan datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo! ataupun Bing. Biasanya ada banyak situs penyedia jasa promosi website secara gratis maupun berbayar. Situs promosi berbayar biasanya lebih baik hasilnya daripada situs promosi gratisan. Jika hal ini kurang mendukung anda bisa membeli jasa optimasi SEO atau backlink untuk mendapatkan jumlah pengunjung pada toko online anda.

Demikianlah beberapa tips sederhana yang bisa membantu anak suskes dalam menjalankan bisnis online. Semoga kiat-kiat tersebut dapat membantu anda. 

Source : Berbagai Sumber

Komentar

Postingan Populer