Creative Parenting : Anak Susah Makan? Berikut Tips Mengatasinya

Anak anda susah makan? Anda pasti sangat khawatir kecukupan gizi dan nutrisi untuk anak tidak terpenuhi.  Anak kita cenderung memilih – milih makanan yang dia suka. Biasanya anak akan cenderung menghindari sayur yang justru sangat baik untuk pertumbuhannya dan akan lebih menyukai jajanan yang di jual di luar. Berikut ini tips cara mengatasi anak yang susah makan agar asupan gizinya cukup untuk tubuh :

Memahami selera makan anak
Yang perlu diperhatikan pada saat memberikan makan anak anda adalah jangan sekali-kali memaksakan anak untuk makan bila mereka tidak lapar, contohnya membuka mulut mereka. Bila anda melakukan hal ini, maka mereka semakin tidak mau makan. Yang perlu anda lakukan adalah mengetahui apa makanan kesukaannya dan perhatikan juga bahwa makanan itu bergizi dan bervitamin. Anda bisa memasukkan vitamin anak susah makan supaya mereka lebih bernafsu untuk menyantap makanan.

Menyajikan makanan dalam bentuk menarik
Sajikan makanan buat anak dalam bentuk yang semenarik mungkin untuk mengambil perhatian anak dan membuat anak mau makan. Makanan bisa diletakkan di wadah yang di sukai si kecil, nasi bisa di cetak menggunakan bentuk yang di sukai si kecil dan anda juga bisa menambah hiasan agar makanan menjadi semakin menarik.

Sajikan Makanan Variasi Baru
Ketika si kecil tidak memiliki selara makan maka anda bisa mencoba dengan variasi baru. Kecenderungan anak biasanya akan menyukai sesuatu yang baru dan belum pernah dirasakannya. Sajikan menu baru tersebut secara bertahap sedikit-demi sedikit, jangan langsung sekaligus.

Libatkan anak dalam menyajikan makanan
Anak akan semakin tertarik dengan makanannya ketika mereka dilibatkan dalam menyiapkan makanan. Secara psikologis hal ini akan membuat anak merasa memiliki dan nyaman dengan makanan yang mereka siapkan. Cara pertama yang harus anda lakukan adalah melibatkannya dalam berbelanja bahan masakan dan memilih buah dan sayur kesukaan mereka pada saat memasak, dengan cara begini, mereka akan penasaran dengan masakan yang dimasak bersama tadi, dan membuat mereka tidak sabar untuk menyantapnya.

Berikan cemilan sehat
Jika anak anda suka dengan cemilan, berikan cemilan jauh sebelum waktu makan tiba. Beri cemilan yang sehat meisalnya buah-buahan yang dipotong menyerupai dadu, agar-agar, sayuran seperti wortel atau timun, yoghurt, pudding, es krim, cake bautan sendiri, dll. Hindari pemberian cemilan berupa coklat, permen, snack, yang mengandung MSG karena dapat mengurangi nafsu makan anak anda.

Buat waktu makan menjadi menyenangkan
Buat agar waktu makan merupakan waktu yang menyenangkan, jangan ancam atau sakiti anak agar mau makan, karena hal itu justru membuat anak berfikir bahwa makan merupakan sesuatu yang menakutkan. Dan juga jangan memberi janji ataupun hadiah untuk anak agar mau makan, dengan iming-iming hadiah memang kadangkala bisa memotivasi anak untuk makan. Namun di khawatirkan akan terbentuk mindset bahwa mereka harus mendapat imbalan jika makan. Maka jika tidak ada hadiah makan mereka anak tidak tertarik dengan makanan.

Minimalkan gangguan
Pada saat waktu makan anak tiba, segera minimalkan semua gangguan. Anda bisa mematikan televisi, menjauhkan mereka dari mainannya dan lain-lain. Karena dengan gangguan semua itu akan membuat mereka tidak mau makan dan lebih asik dengan yang lainnya.

Berikan contoh
Taukah anda bahwa apa yang orang tua lakukan akan ditiru oleh anak. Jadi lakukan hal-hal yang baik, berikan contoh pada anak anda dengan cara memakan makanan yang sehat. Jadi anak akan meniru abda untuk mau makan makanan yang sehat tersebut.

Buat jadwal makan yang teratur
Dengan membuat jadwal makan ang teratur, akan membuat anak mengetahui waktu untuk makan, dan proses pencernaan anak pun  akan baik. Saat jam makan perut sudah akan merasa lapar sehingga anak mempunyai nafsu untuk makan.

Source : Berbagai Sumber




Komentar

Postingan Populer