Creative Entrepreneur : Tips Memulai Suatu Bisnis

Sebagian besar, kita selalu dihadapkan dengan berbagai kebingungan ketika akan memulai membuka suatu usaha. Banyak saja alasan yang muncul, mulai dari masalah klasik yaitu tidak punya modal,  tidak punya tempat yang strategis, tidak punya keahlian dan lain sebagainya. Intinya, semua alasan tersebut membuat kita selalu terkungkung tak ada nyali untuk memulai berusaha. Maka keluarlah dari paradigma berpikir seperti itu, kita harus berani untuk keluar dari zona nyaman dan berani untuk menjadi seorang entrepreneur. Berikut ini tips dalam memulai suatu bisnis/usaha. Diantaranya :

Lebih realistis
Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

Tidak ada yang namanya soft launching
Siapkan sistem dan prosesnya sebelum usaha Anda buka. Budget harus punya aliran praktis. Jangan biarkan customer yang sudah mengeluarkan uang jadi kelinci percobaan Anda bagaimana menentukan kinerja bisnis semestinya berjalan. Jangan punya mental soft launching dan mencari-cari alasan atau pembenaran diri karena Anda masih baru. Pengusaha baru yang percaya diri dan berenergi memberikan dampak yang sama kepada dan dari para customer.

Pengetahuan dan Keahlian
Pengetahuan serta keahlian harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Mustahil seorang pemula bisa menjalankan bisnisnya jika dia tidak memiliki keahlian dan pengetahuan tertentu mengenai usaha tersebut. Anda harus memiliki jiwa mau belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian guna memajukan usaha yang dibangun.

Fokus
Fokuslah pada satu bidang usaha terlebih dahulu. Banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada peningkatan bisnis awal, melainkan terlalu banyak ingin mencoba bidang usaha lain. Sebaiknya, bersabarlah dahulu agar satu bidang bisnis berjalan hingga sukses. Setelah itu, barulah melebarkan sayap ke bidang bisnis yang lain.

Rekrut karyawan dengan baik
Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha.

Memiliki Kelebihan
Untuk memulai suatu usaha yang berhasil buatlah usaha yang memiliki kelebihan tersendiri yang berbeda dibanding produk/jasa perusahaan lain. Kreativitas dan inovasi dituntut untuk mendirikan suatu usaha.

Gunakan teknologi terbaru
Ikutilah trend teknologi yang sedang berkembang pada masa sekarang. Teknologi internet yang saat ini sedang berkembang pesat dapat dijadikan media untuk melakukan pemasaran. Contohnya melalui berbagai media sosial, instagram, facebook, dll.

Berani Mengambil Risiko
Membangun bisnis, tentu saja ada risikonya. Namun, kalau kamu sudah menyadari risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usaha anda, nama baik anda semakin dipertaruhkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis,anda juga harus terus menjaga nama baik perusahaan. Sekali saja nama baik perusahaan tercoreng, saat itu juga usaha yang telah kamu rintis, bisa hancur berantakan.

Antisipasi Kegagalan
Risiko kegagalan dalam berbisnis, selalu ada. Karena itu anda dituntut untuk bersikap tegas dan cepat bertindak, terutama bila melihat sesuatu yang tak beres. Untuk mengantisipasi kegagalan, buatlah aturan mengenai pengambilan keuangan. Pemilik usaha memang berhak mengambil uang dari perusahaan. Tapi, cara pengambilan dan jumlahnya, harus tersistem dengan jelas. Begitu pula dengan operasional, harus memiliki sistem yang baku. Delegasikan tugas-tugas pada pegawai. Sehingga, apabila kamu berhalangan, bisnis tetap dapat berjalan. Semakin sedikit campur tangan pemilik dalam usahanya, berarti usaha tersebut semakin baik.


Komentar

Postingan Populer