Creative Weekend : Serunya Weekend Bersama Keluarga

Weekend atau akhir pekan adalah waktu yang umumnya dinanti oleh kebanyakan keluarga. Hari libur sabtu dan minggu adalah saat yang tepat bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul bersama setelah melewati hari-hari sibuk bersekolah atau bekerja, tapi terkadang hari libur yang hanya sehari atau dua hari membuat anda mati gaya untuk berlibur bersama keluarga. Belum lagi, pekerjaan rumah yang menumpuk yang biasa dirapel dihari libur. Tapi tak perlu khawatir, jika anda ingin bisa memiliki weekend singkat yang seru bersama keluarga tercinta, berikut ide-ide seru weekend singkat bersama keluarga!




Memasak di dapur
Bukan hanya anak perempuan yang bisa membantu ibu di rumah untuk memasak, tapi anak laki-laki juga bisa lho. Dapur di rumah bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk meningkatkan kreativitas anak dan mengajarkan keterampilan yang akan berguna baginya di masa depan.

Banyak sekali resep-resep sederhana yang bisa Anda gunakan dalam melakukan aktivitas memasak bersama ini. Misalnya, membuat muffin mini dan menghiasnya dengan coklat beras yang berwarna-warni atau membuat biskuit dengan menggunakan cetakan-cetakan kue lucu berbentuk binatang seperti beruang, gajah atau bentuk sederhana seperti bintang dan hati.

Pastikan anak-anak tidak dekat dengan oven yang panas dan alat-alat memasak yang tajam di dapur. Selesai memasak di dapur, Anda juga bisa meminta anak untuk membantu menyiapkan, menata atau menyusun kue di piring untuk dimakan bersama anggota keluarga yang lainnya di rumah.


Bersih-Bersih Rumah Bersama

Jika Anda memiliki putra putri yang sudah bisa diajak bekerja sama, Anda bisa mengajak mereka untuk membantu Anda membersihkan rumah. Namun tentunya dengan cara yang seru. Ayah, juga harus ikut serta dalam kegiatan ini. Misalkan, Anda bisa mengadakan kompetisi kamar terbersih. Dengan hadiah ice cream atau jajanan favorit mereka. Sementara mereka sibuk dengan kamar, Anda bisa berbagi tugas dengan sang ayah untuk membersihkan bagian rumah yang lain, tentunya dengan hadiah spesial untuk sang ayah.

Diakhir kegiatan ini, Anda bisa menyiapkan menu favorit keluarga yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Rumah bersih, Anda terbantu, Anak-anak belajar mandiri, dan hari libur yang berakhir dengan kelahapan dan tawa di ruang makan.


Nonton Bareng

Jika Anda sedang sangat capek dan hanya ingin menikmati hari libur, namun tetap membuat anak-anak senang. Nonton bersama bisa jadi solusinya. Tak harus ke bioskop. Anda bisa membuat bioskop mini keluarga sendiri. Anda bisa mendiskusikan film apa yang akan Anda dan anak-anak tonton terlebih dahulu. Jangan lupa siapkan makanan ringan, dan bikin sebuah game di akhir kegiatan menonton yang akan tetap membuat aktivitas ini seru dan menyenangkan. Jika mau, Anda bisa menutup aktivitas ini dengan makan malam seru ke tempat makan seru terdekat dengan rumah.


Membuat Scrapbook

Kegiatan scrapbook adalah mengumpulkan beberapa foto sebagai kliping dengan desain, stiker, kertawa warna-warni yang membuat scrapbook sangat personal, unik dan menarik. Kegiatan ini dapat meningkatkan kreatifitas dan kesabaran melewati setiap proses-proses mengumpulkan foto, menempelkannya di scrapbook, hingga menuliskan komentar-komentar lucu dalam buku tersebut untuk mengenang suatu momen dan meningkatkan kebersamaan bersama orang-orang yang dicintai. Misalnya momen saat kelahiran salah satu anggota keluarga hingga tumbuh besar atau momen saat liburan bersama keluarga.


Melakukan permainan kreatif lewat mainan
Saat ini banyak sekali dijual berbagai macam produk mainan anak. Salah satu mainan yang dapat membuat anak kreatif adalah Lego. Dengan tekun dan kreatif anak mencoba menggabungkan bagian yang satu dengan lainnya sampai menjadi suatu hal yang diinginkannya, misalnya saja rumah, jembatan atau mobil.

Permainan kreatif lain adalah dengan menyusun puzzle yang dapat melatih daya konsentrasi anak sekaligus mengasah daya ingatnya. Playdough dapat melatih kemampuan motorik halus anak, membantu anak mengenal bentuk, warna dan mengembangkan imajinasinya dalam membuat berbagai hal yang diinginkan. Untuk anak perempuan, Anda bisa membelikan mute, bandul, hurup-hurup dan karet elastik yang bisa dirangkai menjadi sebuah gelang atau kalung yang unik. Mengenakan kalung atau gelang buatan sendiri dan bertuliskan namanya tentu akan membuat anak bangga akan hasil kerajinannya. 


Membuat family tree
Ide kreatif lainnya adalah dengan membuat family tree yakni pohon sejarah keluarga bersama anak. Anda bisa mengumpulkan foto-foto dari mulai kakek buyut sampai keturunan keluarga yang sekarang masih ada di dalam keluarga dan meminta anak untuk menempelkan pada tempatnya atau bagan yang sudah Anda buat. Dengan begitu anak menjadi tahu sejarah keluarga besarnya dan kegiatan kreatif ini dapat membuat rasa keterikatan antar seluruh anggota keluarga menjadi lebih erat.


Berburu harta karun
Daripada membiarkan anak hanya duduk bermalas-malasan menonton TV atau bermain online games seharian ajak anak melakukan kegiatan berburu harta karun. Selain menyenangkan, aktivitas fisik yang satu ini tentu saja dapat membuat anak lebih sehat karena aktif bergerak.

Anda bisa menyembunyikan mainan favoritnya (sebagai harta karun) di salah satu kamar di rumah dan membuat peta dimana “harta karun tersebut” disimpan. Lebih seru lagi apabila Anda juga membuat beberapa anak panah dan beberapa pertanyaan seperti warna benda atau tesktur benda yang dapat membantu anak untuk menemukan jejak-jejak sampai akhirnya anak menemukan “harta karunnya”. 


Tanyakan ide kreatif anak
Mungkin saja sebagai orang tua Anda punya banyak ide di kepala tentang kegiatan atau ide-ide kreatif apa saja yang bisa dihabiskan di rumah bersama anak saat akhir pekan. Tapi bagaimana dengan anak Anda? Pernahkan Anda menanyakan ide-ide kreatifnya dalam menghabiskan akhir pekan?
Dorong anak untuk mengekspresikan pilihan dan pemikirannya dalam melakukan kegiatan akhir pekan. Inspirasi yang anak sampaikan berupa ide-ide kreatifnya boleh jadi akan sangat menarik dan mengejutkan Anda!

Tanya jawab ide kegiatan kreatif ini adalah sesi yang menyenangkan karena Anda dan anak saling tukar ide kegiatan yang akan dilakukan bersama. Anda bisa menuliskan ide-ide kreatif ini dalam suatu buku dan menyusun jadwal kegiatan kapan ide-ide tersebut akan dilakukan bersama anak. Anak-anak Anda tentu tidak akan sabar menunggu kapan ide kreatifnya bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.


Bagaimana apakah anda sudah mempunyai ide untuk weekend ini? Selamat melakukan kegiatan kreatif bersama anak-anak Moms and Dads!


  Source : Berbagai Sumber 

Komentar

Postingan Populer