Creative Weekend : Ayo Ke Museum!

Berkunjung ke museum, mungkin memang belum banyak diminati oleh anak-anak pada zaman sekarang. Mereka lebih suka untuk mengisi waktu liburan dengan jalan-jalan ke mall ataupun sibuk bermain dengan gadget-nya. Tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya berkunjung ke museum bisa memberikan lebih dari sekedar kebersamaan dengan keluarga, tapi juga sebagai sarana edukasi keluarga, terutama anak kita. Anda juga mengajarkan banyak hal seperti budaya, seni, sejarah, dan pengetahuan umum kepada anak sejak dini. Untuk mengisi weekend, tak ada salahnya mengajak anak-anak anda mengunjungi museum terdekat. Mengingat, banyak sekali manfaat yang didapat melalui kunjungan ke museum, diantaranya :

Memancing imajinasi dan mendorong rasa ingin tahu
Dengan mengajak anak berkunjung ke museum, anak akan berpikir tentang bagaimana peristiwa itu terjadi seperti sebuah pesawat dapat bekerja dengan melihat replika pesawat, mereka juga bisa langsung bertanya-tanya tentang apapun yang mereka lihat di museum. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa ingin tahu anak dan mereka menjadi kaya akan pengetahuan.

Memberikan referensi visual
Anak-anak mungkin belajar mengenai sejarah, geografi, dan ilmu lainnya di sekolah melalui buku pelajaran mereka. Ketika anak berkunjung ke museum dan melihat sesuatu secara visual, maka ia akan mendapatkan pemahaman yang lebih.

Melatih anak menjadi disiplin
Mengajak anak ke museum bisa melatih anak kita menjadi disiplin, karena didalam museum kita harus menjaga sikap. Ingatkan anak kita bahwa dia tidak boleh berlari-lari di area museum dan tidak boleh memegang barang-barang yang dipamerkan. Saat berkunjung ke museum, tentu anda juga harus bersikap taat sebagai contoh sikap yang baik pada anak.  

Bisa melihat nuansa yang berbeda
Museum adalah tempat yang baik untuk anak-anak mendapatkan nuansa dunia yang belum pernah mereka lihat. Contohnya, mereka bisa melihat fosil dinosaurus, koin-koin atau mata uang kuno, dan lain sebagainya. Dengan ini, mereka bisa mempelajari kehidupan ratusan tahun sebelumnya.

Bersosialisasi dan menambah teman.
Museum dapat menjadi wadah anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebaya atau keluarganya, hal ini akan menjadikan anak semakin bertambah wawasannya dan memandang sesuatu dari berbagai sudut.

Mendorong minat anak
Berlibur ke museum juga bermanfaat untuk mendorong anak untuk mengenali minatnya. Misalnya, ada anak yang menyukai benda-benda bersejarah dan ada pula yang tertarik dengan dunia hewan dan tumbuhan.


Banyak sekali kan manfaat berlibur ke Museum. Tunggu apalagi, ayo persiapkan anak-anak anda untuk pergi ke Museum! 

Komentar

Postingan Populer