Creative Entrepreneur : Menggaet Media Sosial Untuk Promosi
Cara Promosi di Media Sosial itu Penting
Begitu besarnya kekuatan jaringan media sosial membuat para pelaku
bisnis menjadikannya sarana untuk memasarkan produk yang mereka punya. Dari
perusahaan kecil hingga perusahaan besar dapat beriklan di situs-situs besar juga
menggunakan media sosial.
Untuk memaksimalkan kemampuan media sosial dalam bisnis, ada 4
cara promosi di media sosial yang bisa diterapkan dalam mempromosikan
produk Anda.
1. Hindari konten yang Monoton
Hal ini berlaku untuk semua social media yang Anda pakai untuk
berbisnis, karena calon customer tentu akan bosan dengan ads copy yang sama. Terlebih dengan monotonnya
konten juga akan membuat fans Anda jenuh, berikan konten yang fresh,
bahkan lebih baik lagi yaitu up-to-date dengan berita terkini.
Banyak pula yang karena ingin cepat maka pemasar menggunakan bot
untuk comment distatus orang atau fanpages orang lain, dimana hal itu disebut
sebagai spam. Jika Anda ingin
melakukan promosi di group, gunakan kata-kata yang memancing keingintahuan
orang lain terhadap produk Anda. Terakhir, tidak perlu terpaku pada produk
Anda, lakukan beberapa postingan yang berisikan tips yang juga relevan dengan produk Anda.
2. Gunakan Media Gambar
Konten dalam media sosial tidak hanya dalam bentuk teks saja.
Bahkan beberapa social media hanya bisa memposting konten berupa gambar, namun
disertai dengan keterangan teks yang cukup bisa memuat banyak.
Mengapa media gambar penting? Karena manusia ialah mahluk visual, maka konten bergambar akan memancing emosi
yang lebih besar dibanding hanya berupa teks saja, lagipula konten berupa teks
yang terlalu sering hanya akan membuat jenuh fans Anda.
Sisi teknisnya, siapkan gambar yang bisa lengkap terlihat di newsfeed
masing-masing social media. Posting gambar yang ukuran size-nya sedang, agar jika ada orang yang membuka
gambar bisa terloading dengan cepat. Selain gambar Anda juga bisa memaksimalkan
konten berupa video.
3. Gunakan Tagar (Hastag #)
Penggunaan tagar (hastag) awalnya dikenal lewat twitter, namun
dengan melihat trend penggunaan tagar dan gimmick-gimmick yang masyarakat lakukan dengan tagar, social
media lain memberlakukannya juga di platform masing-masing. Fungsinya sama,
yaitu untuk mencari konten atau produk yang se-type di social media tersebut.
Hal ini memudahkan fans atau customer untuk menemukan hal yang ingin mereka temukan.
4. Aktif & Responsif
Setiap konten yang kita posting di social media pasti mendapatkan
respon dari fans, sebagai admin lakukan
respon yang baik terhadapnya. Berikan reward bagi mereka dengan komentar yang
mengapresiasi hingga memuji, dengan begitu mereka akan loyal terhadap
konten-konten yang Anda berikan dengan memberi like, share ataupun comment.
Selain itu, respon cepat dibutuhkan juga untuk mengetahui problema
yang dihadapi pelanggan terhadap produk kita. Misalnya seseorang menghubungi
kita lewat twitter untuk menanyakan kapan waktu buka toko kita? Atau apakah ada
diskon dan promo? Bagaimana mengikuti kontes? dll.
Komentar
Posting Komentar