Langsung ke konten utama
Creative Entrepreneur : 6 Langkah Mudah Garap Konten Agar Mudah Dibagikan
Bagi Anda pegiat bisnis online, tentu sangat mengharapkan
jika konten yang Anda buat dibaca dan dibagikan sebanyak ribuan kali.
Ini menandakan bahwa sesuatu yang Anda tawarkan disukai oleh banyak
orang. Anda rutin mengecek statistik untuk melihat seberapa besar angka dari
konten yang dibagikan tersebut. Semakin besar angkanya, biasanya
semakin baik hasil yang diraih.
Dari riset yang dilakukan oleh BuzzSumo dan Moz terhadap jutaan
artikel di internet, mereka menemukan kalau setengah artikel yang sudah
dipublikasikan hanya dibagi kurang dari delapan kali. Lalu, bagaimana sebenarnya menggarap konten agar mudah dibagikan oleh
orang banyak? Seperti tulisan yang dilansir dari Entrepreneur.com,
berikut 6 langkah muda membuat konten yang mudah dibagikan:
1. Hanyak Publikasikan Konten yang Benar-Benar Layak untuk Dibagikan
Jika
Anda tidak membuat sesuatu yang benar-benar berguna atau menarik, promo
sebesar apapun akan terasa percuma bahkan sia-sia belaka. Mengapa
demikian? Jika Anda telah melakukan promo yang cukup, orang-orang tentu
akan melihat isi konten Anda. Saat mereka engage dengan konten tersebut
dan menemukan apa yang Anda buat biasa-biasa saja, maka Anda hanya akan
membuat kesan yang buruk. Jika Anda hanya mempromosikan konten yang
lemah, Anda hanya membuat konsumen pergi.
2. Gunakan Gambar
Saat berbicara soal berbagi
konten, biasanya kita akan berbicara soal media sosial dan media sosial
menyenangi gambar. Contohnya, jika Anda mem-posting konten di Facebook disertai dengan gambar, maka posting-an tersebut bisa terhubung 2,3 kali lebih besar jika dibandingkan sebuah post tanpa gambar. Setidaknya dalam satu konten Anda memiliki gambar sehingga terlihat baik di media sosial.
3. Gunakan Plugin Berbagi
Plugin mungkin lebih berpengaruh untuk para blogger, tapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk memanfaatkannya dengan memunculkan plugin berbagi di tiap konten yang Anda buat.
4. Sebut Nama Seseorang Dalam Konten yang Anda Buat
Istilah
ini disebut dengan influencer marketing, yang mana merupakan cara untuk
mempromosikan usaha Anda melalui orang lain. Tapi, Anda juga bisa
mempromosikan konten melalui cara ini dengan menyebutkan nama mereka
dalam konten yang Anda buat. Ini membuat konten tersebut lebih kredibel.
Dengan mengutip seorang ahli bisa membuat konten tersebut terlihat
lebih berisi.
5. Tulis Headline yang Menarik
Faktanya, orang-orang tidak akan membaca isi konten Anda meski sudah mereka bagikan. Yang menjadi penentu adalah headline yang menarik. Biasanya, judul-judul yang menarik atau bahkan provokatif akan lebih banyak dibagikan.
6. Ajak Orang Lain untuk Berbagi Konten yang Anda Buat
Saat
mendengar poin terakhir, mungkin Anda berpikir kalau cara ini tidak
akan berhasil. Tapi Anda tidak akan tahu jika belum dicoba. Banyak
konten lebih banyak dibagikan saat para pembuat konten tersebut meminta
para follower-nya untuk membagikan konten tersebut.
Sumber : ayopreneur
Komentar
Posting Komentar