Creative Entrepreneur : Kunci Sukses Bisnis Kuliner
Dari sekian banyak usaha dan bisnis yang ada di
pasaran, bisnis makanan dan minuman atau biasa disebut bisnis kuliner memiliki
peminat yang cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan makin banyaknya pebisnis
makanan yang bermunculan dan betebaran di mana-mana, mulai dari pedagang
jajanan, makanan tradisional, pedagang kaki lima, kafe, restoran atau rumah
makan, hingga bisnis catering rumahan. Peluang usaha dan bisnis kuliner ini
memang cukup menjanjikan sebagai ladang usaha baik di perkotaan maupun
pedesaan. Membuka dan menjalankan bisnis kuliner dapat dilakukan oleh siapa
saja, ibu rumah tangga, karyawan, pns, ataupun latar belakang profesi lainnya,
baik perorangan ataupun kelompok, semua dapat membuka dan menjalankan usaha
kuliner. Namun dengan menjamurnya industri kuliner ini, tentu membuat
persaingan menjadi semakin ketat. Tingkat hambatan dan kesulitan dalam
bertumbuh juga menjadi lebih tinggi. Tentunya untuk dapat bertahan, kita harus
mempersiapkan secara matang serta memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh
kedai kuliner lain. Lalu bagaimana cara sukses membuka dan menjalankan bisnis
kuliner? Berikut tips suksesnya
Lokasi Usaha
Lokasi menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha anda,
dengan lokasi yang strategis maka warung makan anda akan mudah menemukan banyak
pelanggan. Contoh lokasi yang paling strategis ialah dekat jalan raya, dekat
pasar/pertokoan dan dan dekat keramaian.
Target Pasar
Tentukan target pasar secara spesifik. Target pasar
adalah acuan untuk merancang strategi pasar. Target pasar meliputi umur,
pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, dsb. Stelah menentukan target pasar anda
dapat menentukan strategi kedepannya.
Inovasi
Dengan semakin ketatnya oersaingan di dunia bisnis
kuliner, anda harus dapat menyiasati hal ini. Inovasi meliputi rasa, tampilan
atau bentuk, kreasi dalam pembuatannya, dan cara penyajiannya. Inovasi ini juga
harus disesusaikan dengan pasar. Contohnya, jika target anda adalah anak
sekolah, buatlah makanan dengan tampilan yang menarik bagi anak sekolah.
Inovasi produk kuliner yang kita jual juga sangat penting agar konsumen tidak
bosan untuk mengkonsumsi produk kita, selalu berikan variasibaru kepada jenis
makanan yang kita jual.
Menu andalan
Sebelum memulai
usaha, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu tentang menu yang
beredar di pasar. Lalu, pilihlah menu yang belum banyak dijual di sana guna
mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan
dengan target pasar atau konsumen.
Pemasok bahan baku
Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan
baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi.
Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, anda pun dapat menjadi orang
kepercayaan jika anda dalam keadaan sulit atau terjepit modal, selain itu anda
juga bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang Anda butuhkan langka
di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila
pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.
Sumber daya manusia (SDM)
Idealnya, karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang
masak, pelayan, dan kasir. Tapi, bila usaha tergolong kecil, seorang asisten
yang dapat mempermudah pekerjaan Anda itu saja sudah lebih dari cukup. Jangan
lupa untuk memerhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji sepadan dan
tepat waktu. Hal ini untuk menjaga kestabilan keterampilan dan kesiapan
karyawan.
Pelajari Kesuksesan Pesaing
Apabila anda seorang yang acuh dengan kesuksesan orang
lain maka buanglah sikap acuh tersebut. Mulai sekarang anda harus berani
mempelajari apa yang membuat pesaing anda sukses, mulai dari lokasi, tempat
usaha, pelayan, kebersihan dan juga harga jualnya. Dengan mempelajari itu semua
minimal anda bisa memetik nilai positif yang bisa anda terapkan ke usaha
kuliner anda.
Tentukan Harga
Apabila anda membuka usaha di lokasi dengan persaiangan
usaha kuliner yang tinggi maka anda harus pintar dalam menentukan harga dari
setiap makanan yang anda jual. Usahakan menjual makanan dengan harga yang lebih
murah namun dengan cita rasa yang lebih baik.
Lakukan Peningkatan dan Jangan Lupa Promosi
Apabila warung makan anda sudah mengalami peningkatan
dari segi pengunjung maka anda harus melakukan peningkatan seperti memperbesar
lokasi usaha, membuka cabang baru dan juga menambah variasai makanan. Jangan
lupa juga untuk menambah jumlah karyawan agar tidak kwalahan. Dan yang
terpenting lakukan promosi baik melalui cara sederhana seperti membagikan
brosur, memberi potongan harga atau bahkan melalui jejaring sosial.
Ora et labora
Ora et labora atau bekerja sambil berdoa adalah kunci
keberhasilan anda, berjuanglah dan teruslah berdoa kepada yang maha pemberi dan
pengatur rezeki, karena dialah yang menilai hasil kerja keras anda, jangan
sesekali memakai magic dalam usaha karena sudah pasti akan hancur walau cepat
berkembang, berusahalah bersih.
Source : Berbagai Sumber
Komentar
Posting Komentar